Cara mengganti lokasi penyimpanan foto di Android

Sekarang di setiap handphone Android sudah lazim adanya kamera dengan resolusi megapixel, dan memang sudah difungsikan secara penuh dengan membuat foto selfie, makanan, pemandangan, event dan masih banyak lagi. Tergantung kualitas resolusi kamera Android maka setiap file JPG hasil pemotretan ini bisa memakan banyak kapasitas penyimpanan, dan ini bisa mempengaruhi kinerja Android secara negatif.

Kalau pada ponsel atau tablet Android anda sudah terpasang SD card (saya sangat menyarankannya, selain kapasitas SD card lebih besar dari memori internal juga murah harganya) maka sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal. Karena secara default Android Camera akan menyimpan setiap foto atau video yang dibuat kedalam Internal/Phone Storage didalam folder DCIM yang jelas terbatas besarnya.

Bagaimana caranya? Silahkan buka saja aplikasi Camera di Android setelah itu tap pada icon gear yang berfungsi memunculkan Settings. Nanti pada setting kamera umum silahkan geser kebawah anda akan menemukan Storage kemudian ubah dari Device menjadi Memory Card. Pada beberapa jenis Android namanya bisa berbeda seperti Change Folder atau Data storage.

android-camera-settings

Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, kalau milik anda berbeda silahkan adaptasikan caranya/

Pada beberapa kali saya mengecek fitur ini pada beberapa ponsel Android yang berbeda ternyata ada yang tidak ada sama sekali opsi untuk mengubah lokasi default penyimpanan foto. Kalau ini yang anda alami maka terpaksa kita mencari aplikasi pihak ketiga di Google Play Store untuk membantu anda.

10 pemikiran pada “Cara mengganti lokasi penyimpanan foto di Android”

    • Halo Melisa, di aplikasi Camera asli dari Android bisa ada settingnya. Misal tidak ada maka tinggal mengganti storage default penyimpanan data di Android yang nanti akan otomatis menyimpan foto di SD Card.

  1. saya sudah coba ganti penyimpanan ke SD card, tapi ketika menyimpan ternyata Camera menyimpan ke SD card dan internal. Itu bagaimana ya? Saya coba hapus file di internal supaya tidak dobel, ternyata file di SD card juga ikut kehapus. Hape saya Lenovo s660, android 4.2.2 jelly bean

    • Halo Alia, saya baru tahu ada kasus seperti ini mbak. Setelah saya cari – cari tahu memang jarang yang melaporkan kasus yang sama, tapi dari sisi pengembang aplikasi ada yang membahas bagaimana caranya agar foto yang diambil tidak terjadi duplikat pada folder DCIM di internal storage dan SD card. Rasanya ini sudah dari pembuat aplikasi kamera di Lenovo mbak. Referensi: http://www.scriptscoop.info/t/fc584415a483/android-duplicate-photo-storage-in-dcim-folder.html

      Sudah coba aplikasi kamera alternatif?

    • Nah itu mas, ini kasus yang cukup unik dan jarang yang melaporkannya. Saya cari solusinya sendiri ya sulit karena tidak mesti terjadi. Mungkin pakai aplikasi galeri gambar yang ada fitur hapus duplikatnya, jadi cuma disimpan salah satu. Rasanya Google Photos bisa.

    • Fitur ini seingat saya sudah dihilangkan dari Androidnya. Tapi dari aplikasi kamera mungkin masih bisa diganti.

Tulis komentar...