Cara mengganti suara ringtone dan notifikasi di Android

Handphone baru sudah pasti kita atur supaya sesuai dengan selera dan kebiasaan kita menggunakannya berdasarkan ponsel kita sebelumnya, salah satunya adalah nada dering telepon dan suara notifikasi saat ada pesan masuk. Pada Android ini merupakan hal dasar yang rutin dilakukan dan memang cukuplah mudah.

Biasanya bagi yang baru menggunakan handphone atau tablet berbasis Android akan mengalami kesulitan dalam settingnya. Bahkan saya sendiri sempat tidak tahu caranya menambahkan lagu baru untuk ringtone saat menggunakan Lenovo A369i. Karena itulah saya menuliskan panduan mengganti setting suara ringtone dan notifikasi pada Android.

Disini saya menggunakan handphone Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean. Kalau versi Android anda berbeda silahkan diadaptasikan.

Silahkan buka Settings (Pengaturan) dan anda akan menemukan bagian Device (Perangkat) dan pilih Audio Profiles (Profil audio).
android-settings-device

Akan muncul Predefined Profiles (Profil yang ditentukan sebelumnya), kemudian tap pada icon setting di kanan nama profil yang anda ingin ubah suaranya.
android-audio-profiles

Disini saya membuka setting untuk profil General (Umum), anda akan menemukan Phone Ringtone (Nada dering ponsel) dan Default Notifications Sound (Suara pemberitahuan default).
android-audio-profile-settings

Silahkan tap dan pilih audio yang ingin anda gunakan sebagai ringtone (Telepon masuk) atau suara bunyi notifikasi (SMS, Email, dan Pemberitahuan lainnya).
android-phone-ringtone

Kalau dirasa kurang atau lagunya tidak sesuai selera maka anda bisa menambahkan sendiri musik favorit anda, format MP3 bisa digunakan dan anda tinggal meletakkan pada folder yang telah ditentukan dalam media penyimpanan handphone Android anda.

Tulis komentar...