Cara menggunakan Swarmify

Menghemat bandwidth hosting dan mempercepat loading website tidaklah susah atau harus mengeluarkan biaya lebih. Selain anda bisa mengoptimalkan gambar, menggunakan kompresi data, memanfaatkan caching dan akan lebih baik kalau menggunakan sebuah Content Delivery Network (CDN). Walau layanan CDN gratis sudah pernah saya bahas, tapi kalau barang gratisan lebih banyak lebih baik bukan?

Swarmify (sebelumnya bernama Swarm CDN) agak sedikit berbeda dengan CDN berbasis proxy seperti CloudFlare dan Incapsula, atau CDN konvensional seperti MaxCDN yang saya gunakan di situs ini. Swarmify menyebarkan file – file gambar dan video menggunakan protokol WebRTC ke seluruh browser modern yang mendukungnya dan sedang terhubung ke jaringan Swarmify. Jadi bisa dikatakan teknologi yang mereka gunakan adalah Peer to Peer (P2P) CDN.

Untuk memasang CDN berbasis P2P ini di website, blog atau forum anda adalah sangat mudah, tapi sebelumnya daftarkan dulu sebuah akun di situs Swarmify. Selanjutnya klik menu Plans.
swarmify

Anda akan melihat jenis layanan CDN yang ditawarkan, yang kita inginkan adalah plan yang gratis yaitu Forever Free.
swarmify-plans

Isikan data diri anda dan masukkan alamat website yang ingin dipasangkan Swarmify, jangan lupa aktifkan akun Swarmify anda melalui link yang terdapat pada email konfirmasinya.
swarmify-signup

Selanjutnya silahkan login kalau belum otomatis masuk ke dashboard Swarmify. Kemudian anda akan diminta memasangkan script Swarmify di situs anda, kalau tidak maka akses saja langsung Setup.? Anda akan mendapati sebuah potongan kode JavaScript yang harus disisipkan dalam tag header di website anda. Kalau anda menggunakan WordPress silahkan gunakan plugin Swarmify saja, ini lebih mudah lagi cara memakainya.

swarmify-setup

Nanti seluruh format gambar dan video yang didukung oleh Swarmify akan otomatis menggunakan Swarmify untuk menyediakannya. Anda juga bisa melihat berapa banyak bandwidth hosting yang berhasil dikurangi konsumsinya di bagian Overview, ini bisa mengurangi resiko terjadinya error 509 Bandwidth Limit Exceeded dari web hosting anda disebabkan kehabisan kuota, dan detailnya di Image Stats atau Video Stats yang nanti akan dibagi per nama domain. Anda bisa menggunakan 1 akun gratis Swarmify ke beberapa domain sekaligus, walau anda akan dibatasi juga oleh jumlah kuota bandwidth dari Swarmify.
swarmify-overview

Swarmify ini cocok sekali kalau situs anda banyak sekali gambarnya dan termasuk tinggi tingkat kunjungannya, tidak dirasakan adanya penurunan performa website saat dibuka malah dengan kemampuannya untuk lazy loading media yang ada akan mengakselerasi kecepatan situs anda. Secara keseluruhan tidaklah ada ruginya kalau dipasangkan.

Tulis komentar...