Cara mengirim email dengan PEAR

Mengirimkan email di PHP dapat menggunakan beberapa cara, dengan bantuan PEAR (PHP Extension and Application Repository) atau dengan fungsi built-in PHP. Mungkin topik ini terasa “normal” saja, tapi email dapat digunakan dalam banyak hal seperti pendaftaran pada situs anda, mengirim newsletter ke pelanggan anda dan masih banyak lainnya. Cukup fleksibel memang fungsinya.


Class Mail di PEAR memperbolehkan anda untuk mengirim email dengan tiga cara, anda menentukan cara yang mana yang anda gunakan saat instansiasi object mail dengan Mail::factory():

  1. Untuk menggunakan fungsi mail() built-in, isikan dengan mail. Ini akan memberi tahu Mail untuk menggunakan setting dari php.ini.
  2. Untuk mengirim email dengan program eksternal seperti sendmail atau qmail, isi dengan sendmail.
  3. Bila menggunakan sendmail atau SMTP, anda harus mengisikan parameter kedua yang menentukan setting anda.
email
warszawianka / Public Domain

Sekarang akan dicontohkan cara mengirim email di PHP dengan bantuan PEAR, semoga topik ini membantu anda.

Menggunakan class di PEAR Mail:
require \'Mail.php\';
$to = \'[email protected]\';
$headers[\'From\'] = \'[email protected]\';
$headers[\'Subject\'] = \'Percobaan mengirim email\';
$body = \'Apakah email ini masuk?\';
$message =& Mail::factory(\'mail\');
$message->send($to, $headers, $body);

PEAR Mail menggunakan program eksternal

Menggunakan sendmail, isikan sendmail_path dan sendmail_args:
$params[\'sendmail_path\'] = \'/usr/sbin/sendmail\';
$params[\'sendmail_args\'] = \'-oi -t\';
$message =& Mail::factory(\'sendmail\', $params);

Biasanya letak sendmail berada pada /usr/lib/sendmail, tapi lokasinya pada beberapa sistem tidaklah standar. Bila anda tidak dapat menemukannya, tanyakan pada system administrator anda.

Dua argumen yang berguna untuk diberikan pada sendmail adalah -oi dan -t. Argumen -oi memberi tahu sendmail bahwa sebuah titik (.) pada email bukanlah akhir dari pesan. Argumen -t digunakan untuk memeriksa To: dan header – header lainnya.

Jika anda lebih menyukai qmail, coba gunakan /var/qmail/bin/qmail-inject atau /var/qmail/bin/sendmail.

PEAR Mail menggunakan SMTP

Dalam Windows mungkin anda lebih baik menggunakan server SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) karena pada sistem Windows secara default tidak terdapat sendmail, untuk menggunakan SMTP, isikan smtp:
$params[\'host\'] = \'smtp.kuliahlarang.com\';
$message =& Mail::factory(\'smtp\', $params);

Dalam smtp anda bisa mengisikan lima parameter opsional. Host adalah nama dari server smtp, nilai defaultnya adalah localhost. Port adalah port koneksi, defaultnya 25. Untuk menggunakan autentifikasi SMTP, ubah auth menjadi true. Untuk memperbolehkan server memvalidasi anda isikan username dan password. SMTP dapat digunakan di Windows dan server berbasis Linux.

Kalau anda memiliki akun Gmail maka bisa menggunakan SMTP servernya, atau bisa juga mencoba SendGrid yang memberikan 200 pengiriman email gratis setiap harinya.

Tulis komentar...