Cara mengubah search engine default di Mozilla Firefox

Search engine merupakan salah komponen vital dalam browser, karena dengan menggunakannya kita bisa mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat. Tapi memang ada beberapa mesin pencari yang lebih baik daripada yang lain, yang untuk saat ini masih dipegang oleh Google. Kadang kala di Mozilla Firefox search engine defaultnya bisa berubah, entah karena kesalahan setting atau anda telah menginstall software yang menggantinya.

Maka kita perlu tahu cara mengubah search engine default di Mozilla Firefox, ada beberapa solusi yang bisa anda coba lakukan untuk memperbaiki mana search engine yang dipakai oleh Mozilla Firefox – tergantung tingkat kesulitan dan penyebabnya.

Mengganti search engine melalui toolbar search

Ini yang paling mudah, klik saja icon search engine yang aktif pada toolbar Firefox. Nanti akan muncul daftar search engine yang sudah terpasang didalam browser, tinggal anda pilih saja yang mana.
mozilla-firefox-search-bar

Akses about:config

Anda memerlukan akses ke konfigurasi tingkat lanjut Firefox untik 2 solusi lainnya, ketikkan about:config dan tekan Enter.

mozilla-firefox-about-config

Akan muncul pesan peringatan This may void your warranty!, klik I’ll be careful, I promise! untuk melewatinya.

mozilla-firefox-about-config-this-may-void-your-warranty

Menggunakan keyword.url untuk mengubah search engine default

Cara ini yang biasanya digunakan untuk membajak mesin telusur Firefox (hanya berlaku sampai Mozilla Firefox 22), jadi anda akan menggunakan search engine abal – abal dari salah install software. Ketikkan “keyword” pada kotak Search.

mozilla-firefox-about-config-keyword

Bila pada keyword.url ada isinya selain Google misalnya maka klik kanan dan lakukan reset supaya kembali ke defaultnya, atau anda bisa mengisinya dengan query string dari mesin penelusuran yang anda ingin pakai.

mozilla-firefox-keyword-url-entry-string-value

Juga bila anda menemukan nama – nama asing pada konfigurasi keyword dan anda yakin tidak dibutuhkan maka hapus saja. Jika tidak yakin silahkan ada tuliskan di komentar apakah aman atau tidak. Sebagai contoh ternyata di Firefox saya ada konfigurasi untik SweetIM, ini tidak berguna jadi bisa dihapus isinya tanpa efek samping.

Berikut adalah query string dari beberapa search engine yang bisa diisikan:

  • Google: http://www.google.com/search?&q=
  • Bing: http://www.bing.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q=
  • Yahoo: http://search.yahoo.com/search?p=
  • Ask: http://www.ask.com/web?q=
  • DuckDuckGo: https://duckduckgo.com/?q=

Menggunakan browser.search untuk mengubah search engine default

Sejak Mozilla Firefox 23 keatas sudah tidak ada keyword.url, tapi anda bisa mengganti search engine default melalui browser.search.

mozilla-firefox-about-config-browser-search

Terutama perhatikan browser.search.defaultenginename dan browser.search.order1 apakah berisi Google. Ini merupakan nilai defaultnya.

Kalau anda sudah menyerah maka anda bisa mencoba solusi terakhir yaitu dengan mereset Mozilla Firefox. Semoga masalah anda pada Mozilla Firefox bisa diatasi.

Tulis komentar...