Cara menjalankan Mozilla Firefox dalam Safe Mode

Safe Mode tidak hanya ada di Windows saja, bahkan Mozilla Firefox memiliki mode tersebut. Fungsinya tapi sama yaitu menjalankan browser dengan keadaan minimal tanpa add-on, plugin dan setting tambahan. Cocok untuk mengecek apakah masalahnya ada pada Firefox, website atau komputer anda saat berselancar.

Ada minimal 2 cara untuk mengaktifkan Safe Mode di Mozilla Firefox, silahkan pakai yang menurut anda paling mudah. Yang pertama adalah menjalankan programnya (firefox.exe) dengan parameter -safe-mode. Di Windows paling mudah adalah lewat jendela run command (Windows+R) ketikkan perintah firefox.exe -safe-mode seperti gambar dibawah.

windows-run-firefox-exe-safe-mode

Nanti akan muncul jendela konfirmasi mengenai mode keamanan ini, langsung saja klik Start in Safe Mode. Melakukan troubleshooting dan melacak permasalahannya terlalu repot? Maka klik Refresh Firefox untuk mereset settingnya.

firefox-start-in-safe-mode-refresh-firefox

Sedangkan cara kedua adalah lewat jendela browsernya sendiri, silahkan klik icon menu di kanan atas dan kemudian klik icon bantuan (tanda tanya) di bagian bawah. Salah satu opsi yang muncul adalah Restart with Add-ons Disabled, ini sama saja dengan safe mode.

firefox-restart-with-add-ons-disabled

Persis dengan metode pertama akan muncul jendela konfirmasinya. Sebagai catatan saja saya terpaksa menggunakan cara pertama karena sama sekali tidak bisa membuka Firefox kalau tanpa safe mode – heran sebenarnya, berarti ada addon, setting, atau plugin yang menjadi penyebabnya – akhirnya saya memilih mereset seluruh konfigurasinya dan berhasil normal kembali.

Semoga bermanfaat.

Tulis komentar...