Cara menyembunyikan Taskbar di Windows 7

Kalau anda menyukai tampilan layar yang lebih lapang maka anda bisa otomatis menyembunyikan Taskbar Windows 7 saat tidak digunakan. Ini cocok bagi anda yang lebih suka memaksimalkan luasnya dekstop untuk hal lain dan tidak ingin diganggu dengan icon – icon program di taskbar Windows.
windows-7-harmony

Secara pribadi saya malah kurang suka setting Windows semacam ini karena kadang membuat lupa program apa saja yang sedang aktif. Apalagi setiap kursor mouse tepat di posisi taskbar akan terjadi sedikit lag untuk menampilkan dan menyusun ulang desktop, jadi agak tersendat nantinya dan ini membuat saya agak terganggu.

Tapi caranya sangatlah mudah jika anda memang menginginkanya untuk menutup taskbar ini saat tidak aktif, yaitu klik kanan pada Start menu atau taskbar dan pilih Properties.

windows-7-task-bar-properties

Pada bagian Taskbar appearance beri centang pada Auto-hide the taskbar dan klik OK untuk menerapkannya.

windows-7-taskbar-and-start-menu-properties

Sekarang taskbar di Windows akan otomatis hilang kalau kursor mouse anda tidak berada di atasnya. Untuk mengembalikan settingnya ke semula tinggal dibalik saja proses diatas, hilangkan centang dan klik OK.

12 pemikiran pada “Cara menyembunyikan Taskbar di Windows 7”

  1. kalau masalah di windows aku taksbarnya hilang kalo buka browser internet, walaupun kursor sudah diarahkan kebawah (karena letak taksbar saya di bag bawah) tetap gak muncul taskbarnya, jadi kalo ingin ke aplikasi lain yg sedang aktif ,browser harus di minimize dulu mohon bantuan solusinya mas. nb: sy jg tidak mencentang auto hide the taskbar.

    Balas
    • Halo mbak Cut Mutiah, terus terang saya belum pernah menemukan perilaku taskbar hilang saat membuka browser seperti ini. Tapi saya ada spekulasi apa penyebabnya… coba tekan F11 saat berada didalam browser tersebut.

      Teori saya, entah kenapa *mungkin* jendela browsernya yang mbak gunakan dalam mode fullscreen. Jadi tentu saja tampilannya akan memenuhi satu layar, dan taskbar tidak akan muncul.

      Kalau bukan ini solusinya… bisa minta screenshotnya contoh tampilannya mbak?

    • Selamat sore Tiar, jadi kasusnya juga pada browser? Menggunakan apa ya? Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari atau lainnya? Sudah mencoba menekan tombol F11?

  2. Saya juga gitu.. kalo buat windows jadi nggak kelihatan jumlah kata, trus ikon zoom in & outnya. Harus di minimize dulu. Pdhl ukuran layar udah 100%. Jadi bawahnya polesan. Trus gitu juga kalo msuk chrom, bwahnya polOsan. Harus pencet logo windows di antara fn & alt.itu juga bentar doank. Kalo mouse diklik. Taskbar ilang lgi.

    Balas
    • Halo Febry, bisa diberikan screenshotnya? Saya agak kesulitan membayangkan apa penyebab dan mencari solusinya kalau hanya membaca deskripsinya. Anda bisa mencoba menggunakan LightShot: https://app.prntscr.com/en/index.html supaya bisa langsung diupload gambar hasilnya. Kalau bingung cara menggunakannya anda bisa membaca panduan saya dalam memakai LightShot.

  3. mas saya punya pertanyaan nih, setiap saya buka youtube, ketika saya maximize task bar dan toolbar tidak bisa hilang seperti biasanya, Kenapa ya? Mohon penjelasannya.
    Terima kasih

    Balas

Tulis komentar...