Cara merekam percakapan telepon di ASUS Zenfone

Asli ASUS Zenfone 5 ini benar – benar upgrade jauh dari handphone lama saya Lenovo A369i, wajar sih… harganya juga beda jauh. Haha. 😀 Salah satu fitur yang tampaknya jarang dipakai tapi sangat berguna yang saya temukan adalah merekam percakapan telepon, mungkin dibuat bukti kalau ada perselisihan dengan lawan bicara anda.

Saya sendiri baru sadar adanya opsi Call Recording ini saat menelepon keponakan saya dan memperhatikan apa yang tampil di layar hp, biasanya cuma ada mute (sunyi), loudspeaker, dan menutup panggilan. Tapi di Zenfone malah lebih banyak opsinya dan untuk merekam telepon saat itu tinggal ada tap icon REC di baris kedua dari bawah di pojok kanan.

asus-zenfone-5-calling-screen-recording

Akan muncul jendela popup yang harus dikonfirmasi bahwa anda memang ingin melakukan call recording, tap saja OK. Kalau sudah aktif maka akan berwarna merah dan muncul notifikasi di layar mengenai waktu perbincangan yang sedang direkam.

Kalau sudah selesai maka file audio hasil perekaman akan bisa didengarkan di Sound Recorder, tap pada Menu Recording list dan akan muncul Call recording dimana isinya adalah daftar percakapan yang anda rekam. Nama – nama filenya adalah berdasarkan nama kontak anda atau bila tidak ada akan menggunakan nomor teleponnya. Oh ya, tampaknya call recording ini bisa diotomatiskan jadi kita tidak perlu melakukan apa – apa untuk merekamnya.

Disini saya masih menggunakan ASUS Zenfone 5 dengan Android 4.4.2 Kitkat, kabarnya pertengahan bulan Mei 2015 ini akan muncul update untuk Lollipop. Semoga saja. 🙂 Saya juga sudah memastikan apakah fitur ini ada di Smartfren Andromax C3 yang juga sama – sama Kitkatnya dan ternyata tidak ada, jadi tampaknya asli dari ASUSnya. Kalau untuk Android lain tampaknya perlu menginstall aplikasi sendiri.

Tulis komentar...