Cara setting Virtual Memory lewat command prompt

Untuk mensetting Virtual Memory Windows bukanlah hal sulit tapi entah mengapa pada jendela aplikasinya saya tidak bisa mengisikan dan mengganti berapa besar kapasitas memorinya. Memang niat saya adalah meletakkan file swapnya di drive D. Mau tidak mau hanya bisa memilih System Managed yang otomatis menentukan berapa besar ukuran page file yang digunakan. Tapi ternyata ada solusi alternatifnya dengan memanfaatkan command prompt. 🙂

Silahkan panggil command prompt dengan menekan Window+R dan isikan cmd kemudian ENTER. Jangan bingung pas baca kok yang kita setel ada pagefile karena intinya sama dengan Virtual Memory di Windows, cuma beda istilah saja.

windows-7-run-cmd

Saya ajarkan dulu cara mengetahui informasi pagefile yang telah dibuat melalui command prompt. Silahkan ketikkan perintah berikut:

wmic pagefile list /format:list

cmd-wmic-pagefile-list

Baru kita masuk ke solusinya. Saya akan membuat pagefile baru di partisi/drive D dengan ukuran awal 1GB dan maksimalnya 2GB:

wmic pagefileset create name="D:\pagefile.sys"
wmic pagefileset where name="D:\\pagefile.sys" set InitialSize=1048,MaximumSize=2048
wmic pagefileset where name="C:\\pagefile.sys" delete

Akhirnya pagefile default yang ada di drive C akan dihapuskan. Setelah itu silahkan restart dan cek kembali ke jendela Virtual Memory apakah sudah benar, atau lewat perintah cmd diawal tadi.

Semoga bermanfaat. 😀

2 pemikiran pada “Cara setting Virtual Memory lewat command prompt”

Tulis komentar...