Cara shutdown Windows dengan timer

Dulu sewaktu pertama kali tahu bahwa kita bisa melakukan proses shutdown Windows melalui command prompt tampaknya tidak terlalu berguna, tapi begitu tahu ada fungsi timernya maka marak digunakan di komputer laboratorium untuk menggoda teman sekelas. Apalagi kalau sambil diberi pesan – pesan lucu.

Kalau sebelumnya saya membahas program Shutdown8 untuk menjadwalkan proses mematikan komputer, kali ini kita cukup menggunakan cmd saja cuma tidak terlalu banyak konfigurasinya saja.

Silahkan anda jalankan dahulu command prompt dan akan saya contoh melakukan shutdown dalam waktu 5 menit: shutdown -s -t 300.
cmd-shutdown-timer
Dimana -s adalah parameter untuk melakukan shutdown, dan t adalah parameter waktu dalam satuan detik.

Sedangkan kalau anda ingin memunculkan pesan maka gunakan parameter -c disusul teks dalam tanda kutip. Contohnya: shutdown -s -c “Dor! Hitung mundur shutdown Windows dalam 5 menit” -t 300.

Bagaimana kalau tidak sengaja anda jalankan? Semoga saja waktu countdownnya tidak terlalu singkat karena anda masih bisa membatalkan shutdown Windows dengan mengetikkan perintah shutdown -a. Ini kalau sempat, kalau tidak segera saja simpan semua pekerjaan anda daripada hilang semua.

Tulis komentar...