Cicilan 0% di situs eCommerce itu tidak mudah

Pasti anda pernah melihat promo dari situs – situs eCommerce besar di Indonesia seperti Lazada, MatahariMall, JD.id, Blibli, Tokopedia, BukaLapak dan seterusnya. Salah satu keunggulan yang sering ditawarkan dan memang cukup menggoda adalah adanya cicilan 0%. Ini baru belanja barang mahal, bisa dikredit tapi tidak membebani dengan bunganya. Gampang kan?

Kenyataannya tidak semudah itu juga dan detail dari bagaimana cara memanfaatkannya kadang masih disembunyikan dibalik tanda bintang (*) atau sering disebut juga Syarat dan Ketentuan Berlaku. Ini yang sering terlewatkan oleh calon pembeli.
jd-id-gosco-fa-1822-pirus

Dari kesalahpahaman yang sering terjadi adalah bagaimana cara mendapatkan cicilan 0% ini dan cara pembayarannya. Jawabannya kalau anda berharap ini bisa dilakukan dengan transfer ATM maka adalah tidak. Promo cicilan pada situs – situs marketplace di Indonesia semuanya menggunakan kartu kredit. Sekian.

Ada satu lagi dari pengalaman teman saya dengan salah satu nama besar di situs eCommerce. Transaksi sudah ok, diskon sudah didapat, dan untuk meringankan pengeluaran maka memakai kartu kredit supaya bisa cicilan 0%. Mungkin karena bank penerbitnya tidaklah sepopuler bank – bank lain (BTN seingat saya kalau tidak BNI) ada sedikit masalah yang terjadi. Jadi oleh pihak billingnya yang ditagihkan adalah harga penuh barangnya dan bukanya dalam bentuk cicilan.

Yang saya tangkap karena ini bukan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank rekanan marketplace tersebut maka sistemnya tidak bisa otomatis. Harus telepon ke call center banknya dan minta diubah ke sistem cicilan, dan ini belum tentu 0% juga karena ternyata promonya hanya berlaku ke bank rekanan. Jadi harap perhatikan dulu pada metode pembayaran apakah nama atau logo bank anda ada disana.

3 pemikiran pada “Cicilan 0% di situs eCommerce itu tidak mudah”

  1. Betul sekali saya merasakan juga,transaksi di Tokopedia pakai kartu kredit SC, ambil Hp redmi note 5,harga 1.5 jt, cicilan 0%, ternyata saat tagihan tercetak harus bayar full, sudah telp operator bank sampe 2x tp tetap tidak bisa berubah,jd cicilan, katanya gagal informasi dari tokopedianya. Membingungkan

    Balas
    • Kebetulan saya punya pengalaman sama mas, baik di Tokopedia dan BukaLapak. Soal tagihan yang terlalu lama dikonversi jadi cicilan, normalnya dalam 1 minggu.

      Dari pengalaman, langsung kontak cs Toped/BL setelah 1 minggu tidak ada update bahwa tagihan penuh tadi belum berubah jadi cicilan. Nanti biar mereka sendiri yang followup ke banknya. Kita tinggal terima jadi saja. Biasanya dalam 1-2 hari sudah dibetulkan.

Tulis komentar...