Ciri – ciri CPU bermasalah atau rusak

CPU (Central Processing Unit) atau prosesor merupakan otak dari komputer, segala proses komputasi akan menggunakannya. Jadi semakin tinggi kemampuannya maka akan semakin cepat prosesnya dan enteng dalam mengolah data apapun. Pentingnya peran CPU jelas akan berpengaruh pada kinerja komputer secara keseluruhan.

Merek CPU yang paling umum adalah dari Intel atau AMD, tapi apapun prosesor anda tidak ada perbedaan dari segi perawatan. Dari pengalaman saya jarang sekali bila prosesor rusak akan langsung mati tidak bisa digunakan. Biasanya sudah ada pertanda atau gejala kalau ada masalah dan perlu segera diatasi sebelum terlanjur menjadi barang rongsokan.
dell-inspiron-5437-i5-cpu-z

Muncul bunyi saat menyalakan komputer

Seperti yang kita ketahui setiap kali menghidupkan komputer akan melewati proses pengecekan komponen hardware oleh BIOS, dan kadang akan muncul suara “bip”. Bunyi ini bisa menandakan keadaan komputer anda apakah normal atau mengalami kerusakan.

ami-bios-cmos-settings-wrong

Bila muncul suara bip yang diluar kebiasaan maka segera bandingkan dengan tabel kode suara BIOS untuk mengetahui apa penyebabnya. Tergantung jenis BIOS anda bisa dicoba antara AMI BIOS dan Award BIOS.

Saat beban kerja tinggi komputer tiba – tiba mati

Misal anda sedang menggunakan komputer untuk menjalankan program atau proses yang memaksimalkan kemampuan CPU dan tiba – tiba mati begitu saja. Ini menandakan bahwa prosesor anda terlalu panas suhunya dan sebelum terjadi kerusakan fatal BIOS anda mematikan seluruh daya yang ada secara paksa. Anda bisa mengecek temperatur CPU dengan menggunakan CoreTemp.

CoreTemp

 

Solusinya anda bisa mengecek ventilasi udara, bersihkan dari debu, ganti kipas yang terpasang, beri thermal paste ulang ke CPU, pasang Heatsink yang lebih bagus, dan sebagainya.

Error semacam ini juga bisa disebabkan RAM rusak atau GPU yang bermasalah.

Komputer tidak hidup sama sekali

Ini adalah kondisi yang paling parah, dan biasanya memang menandakan bahwa prosesor anda sudah wafat. Tapi jangan putus asa dulu, kadang Power Supply anda bisa menjadi penyebabnya. Silahkan lepas PSU anda, dan coba ganti dengan yang baru. Atau bisa juga dengan mencoba melepaskan kabel listrik untuk Harddisk bila ada lebih dari satu dan kemudian nyalakan lagi, ini untuk menguji apakah Power Supply anda sudah tidak mampu lagi menyalurkan daya.

Kerusakan hardware seperti CPU memang susah cara mengatasinya karena seringkali mau tidak mau kita harus membeli penggantinya yang baru. Penyebab utama kerusakan prosesor dan perangkat keras umumnya adalah panas dan sumber daya listrik tidak stabil. Jadi sering – sering bersihkan komputer anda dari debu, dan selalu gunakan Stavolt minimal untuk menstabilkan arus listrik.

144 pemikiran pada “Ciri – ciri CPU bermasalah atau rusak”

  1. Permisi mas.. pc saya mati nyala mas trus. Pernah waktu sy gnti prosesor, pin pin pd rumah prosesor ada bengkok satu pin, saya lurusin udah idup lagi. Sekitar sebulan lembali mati nyala lagi. Dn sy coba buka prosesor lagi gk ada masalah.. nah saya coba cabut smw kabel psu pad hardwade kecuali pcu mainboardnya. Sy nyalain lagi bunyi beep sekali trus nyala mati lagi. Kira kira apa pentakitnya mas ya. Mohon bantuannya

    Balas
  2. nanya gan, CPU ane bunyi Beep panjang gak berhenti2 kalo lagi render video atau scan anti virus, kalo liat taks manager CPU nya sampe 100%, apakah mungkin yang bermasalah processor nya?
    tapi kalo liat di artikel sebelah , bunyi beep gak putus2 tandanya memory beermasalah,

    so far so good gada masalah pas lagi nyala, cuma berisik aja suka bunyi begitu..
    minta masukannya ya gan, thanks..

    Balas
    • Bunyi beepnya dari motherboard atau speaker ini mas?

      Dan bunyi beep yang mas bicarakan itu kode saat komputer dinyalakan, saat loading BIOSnya.

      Kalau saya tebak, ini motherboardnya ada fitur sensor suhunya dan terdeteksi diatas ambang wajar, makanya bunyi alarmnya. Kalau berkepanjangan, dari pengalaman yang terjadi langsung dimatikan untuk mencegah CPU terbakar.

      Saran saya, tes pakai kipas angin duduk dan arahkan kedalam casing PCnya.

  3. Cpu saya dell gx280,
    Ga mau nyala, begitu kontak k listrik,
    cuma led power berwarna orange(biasanya hijau), trus kipas muternya kenceng banget..
    Kira2 apanya yg rusak ya..?

    Balas
  4. Tanya gan, cpu saya ryzen 5 1500x, vga nvidia gt730, mobo msi b350m, psu gamemax 650w.. Tiap game yg saya install selalu nge hang pd saat gameplay dimulai, atau ketika atur2 setting graphic. saya coba kerja di after effect dgn graphic 2d msh aman namun saya coba main di 3d tiba2 restart sndiri.. Kirakira ap yg salah ya gan? Mohon pencerahannya 🙂

    Balas
    • Ini PC mas?

      Pakai driver yang CRIMSON kan?

      Biasanya kalau restart sendiri karena ada yang rusak atau kepanasan mas. Coba pakai kipas angin duduk arahkan kedalam casingnya.

  5. gan mau tanya, pc saya kemaren rusak PSUnya, truss sudah saya ganti, mau saya buat main game dota 2, tiba tiba PC saya mati, truss dota 2 saya uninstall, ganti game yang ringan (minecraft) masih mati juga, dan saat booting mau pilih “Start windows normally” keyboard tidak menyala, dan saat udah lewat itu malah CPU hidup Tapi monitor black screen dan itu lama banget, kasih saran dong bang

    Balas
    • Ini bukan PSUnya yang ga kuat? Tarikan dayanya kalau loncat (saat kerja keras) biasanya memang gitu mas, tiba – tiba mati atau bootingnya agak lama.

  6. gan,cpu ane kalo diatas 3 jam pemakaian tiba” mati.
    dan hanya lampu cpunya doang dan nyala.
    dan bunyi beep 1 x pendek
    itu kenapa ya gan ? thanks

    Balas
  7. Nanya gan , Komputer ane kalau dipencet tombol power suka lama muncul ke monitornya, sekitar 2menit baru nampak OS nya. Jd ga langsung nampak kya komputer lain. Itu msalahnya apa ya?

    Balas
  8. mas tolong dong kipas psu hidup, kipas cpu hidup tapi yang lain kok mati mas, jadi kalo di colokin yang di sebut di atas hidup tapi gak bunyi beep kayak komputer normal

    Balas
  9. Gini mas, pada saat saya tekan tombol power buat nyalain cpu saya itu gk bisa sama sekali. Hanya fan psu yg berputar sekali dan bunyi tarikan listrik sekitar 1 detik. Power Monitor berwarna orange mas. Itu kira” kerusakan pada cpu / psu ya mas?

    Balas
  10. Mas pc saya abis dipencet tombol power nya cuma bunyi bip 5 kali trus lampu power nya mati, abis itu kipas nya doang yg nyala. Itu kenapa ya mas?

    Balas
  11. Mas mau tanya, laptop saya tiba2 mati ketika dicas. Bahkan gamau start kalo charger masih nempel. Tapi kalau ga dicas, laptopnya baik2 aja. Kira2 itu yang bermasalah apanya ya? Apakah processornya atau arus listriknya? Terima kasih mas

    Balas
  12. gan bisa bantu saya ?
    pc saya pake awalnya normal sampe alhirnya tiba2 hamg terus run into problem nah pas restart dia black screen
    ga nampilih apa bahkan komputernya ga kedeteksi di monitor
    padahal pc nyala
    uda coba clear cmos, bersihin ram, cek kabel grafik, bongkar pasang part pc 1 1
    thanks

    Balas
    • Mas coba nyalakan tanpa harddisk dan 1 keping ram saja. Kalau ada VGA onboard coba yang dipasang juga dilepas. Bisa macam – macam soalnya.

  13. Mas candra mau tanya.
    Gatau masih aktif atau engga nih.
    Saya pakai rog gx501.
    Baru2 ini lagi dipake trus tau2 mati layar, tp lampu indicator masih nyala dan fan kenceng banget.
    Setelah bnr2 mati saya coba nyalain gabisa.
    Besoknya nyala, tp gitu lagi
    Saya kira overheat, saya udh buka, bersihin fan dll.
    Setelah itu begitu lagi.
    Coba install ulang, dan gitu lagi.
    Kira2 knp tuh mas?

    Balas

Tulis komentar...