Curhat ADSL hidup tapi Internet mati Telkom Speedy

Musibah ini saya rasakan hari minggu malam, sewaktu sore saya dapat menggunakan internet Telkom Speedy secara normal dan pada malam harinya bermasalah. Saya perhatikan lampu indikator ADSL sudah tersinkronisasi tapi anehnya lampu untuk koneksi Internet malah diam tidak menyala. Jelas di Windows tulisannya jadi No Internet Access. Jadi berikut adalah sedikit curhat dan dokumentasi apa yang saya lakukan untuk memperbaikinya beserta interaksi saya dengan customer service Speedy di 147.

Apa yang lakukan setelah menyadari adanya masalah pada koneksi ADSL dan Internet pada modem saya? Langsung saya tukar dengan modem cadangan lainnya. Jadi dari TP-LINK TD-W8151N menjadi Huawei HG532e dan sebaliknya. Ternyata masih tetap tidak terhubung juga, dan karena ini saya menyimpulkan masalah tampaknya bukan dari pihak saya.

telkom-speedy

Setelah itu saya hubungi 147 untuk menanyakan kemungkinan penyebab dan akan saya tuliskan disini daftarnya:

  1. Bisa disebabkan karena sedang ada gangguan jaringan Speedy di kota (saya di Malang), kalau ini penyebabnya ya kita hanya bisa menunggu saja sampai teknisi Telkom selesai memperbaiki kondisi jaringannya.
  2. Saya sempat berbincang – bincang bahwa perilaku modem seperti ini dapat disebabkan tagihan Telkom Speedy yang terlambat atau malah belum dibayar sehingga diputus oleh sistem. Saya sendiri membayar tagihannya memang sangat terlambat tanggal 25 September kemarin dan memang terkena biaya denda keterlambatan. Hahaha 😀
  3. Setting modem yang terkena reset baik secara sengaja atau tidak, anda perlu menyetting ulang modem anda. Saya sarankan anda untuk membuat catatan username dan password Telkom Speedy untuk kasus darurat seperti ini. Kalau modem anda adalah TP-LINK mungkin bisa mendapatkannya melalui Telnet, jika tidak ada atau tidak tahu maka bisa menanyakannya ke 147.
  4. Ada kemungkinan modem ADSL anda sudah rusak dan ini perlu diganti dengan yang baru. Seingat saya selama anda masih termasuk pelanggan baru (6 bulan) maka akan diberikan modem baru secara gratis.

Kalau saat anda dipandu oleh support Speedy dan masalah ini belum teratasi maka akan dijadwalkan teknisi Speedy untuk menghubungi anda dan mendatangi rumah untuk cek koneksi dan setting modem.

Oh ya, hampir lupa menjelaskan apa penyebab modem Speedy saya ngadat, ternyata memang ada gangguan di daerah saya. Jadi saya tinggal tidur akhirnya dan memang besoknya normal kembali akses internet saya.

Ya, ini sedikit pengalaman saya menghadapi internet yang mati tapi tidak jelas penyebabnya, sayangnya tidak ada solusi pasti mengatasinya karena dari ciri – cirinya memang bukan salah kita sebagai pelanggan. Cuma bisa curhat karena pada awalnya bingung mengira – ngira. Eh ternyata dari pusatnya yang bermasalah.

4 pemikiran pada “Curhat ADSL hidup tapi Internet mati Telkom Speedy”

  1. koneksi di rumah saya juga kerap kali putus. led adsl dan led internetnya mati lagi. posisi saya juga di malang. Rasanya tiap beberapa bulan sekali masalah ini saya jumpai. Padahal saya selalu bayar tagihan tepat waktu T_T

    Balas
    • Memang sudah dari sananya mbak. 🙁 Kalau saya boleh saran mending pindah ke ISP lain seperti First Media, MyRepublic, MNC Play atau Biznet. Semuanya sudah ada di Malang.

Tulis komentar...