Curhat belanja di Blibli pada akhir minggu

Agaknya saya sekarang jadi sedikit frustasi mengenai sistem order dan konfirmasi pembayaran dari Blibli.com. Niatnya ingin mendapatkan barang murah kok jadi khawatir nasib pesanannya. Jadi kemarin malam minggu saya melakukan order di Blibli sebuah Smartfren Andromax C3 dengan harga Rp. 451.000 termasuk ongkos kirimnya, ini dibantu kupon belanja 50 ribu juga. Tapi ada masalah yang saya alami setelahnya.

Jadi saya melakukan pembayaran dengan transfer BCA ke BCA Virtual Account yang diberikan oleh Blibli, kurang lebih 5 menit sejak memesan sudah saya kirim uangnya. Saya cek di email dari KlikBCA transaksi terjadi sekitar jam 7 malam hari sabtu. Tapi kok tidak ada pesan konfirmasi pembayaran ya setelah menunggu beberapa menit, juga tidak ada cara melakukan konfirmasi pembayaran manual dari pencarian saya.

Akhirnya saya tanyakan ke customer care Blibli melalui Livechatnya, kemarin malam melalui mas Noval dan pagi hari ini dengan mbak Sari. Ternyata oh ternyata pembayaran melalui transfer ke Virtual Account BCA baru masuk datanya hari Senin. 🙁 Lebih parah lagi ternyata sistem konfirmasinya adalah 1 hari setelah pembayaran, jadi walaupun saya membeli di hari senin yang merupakan hari kerja tetap saja konfirmasi pembayaran berhasil hari selasa. Berbeda dengan tetangga sebelah yang bisa dikatakan instan untuk pembayaran melalui BCA Virtual Account juga.
blibli-livechat-konfirmasi-pembayaran
Nah… yang jadi masalah bagaimana nasib barang yang saya pesan? Karena ada batas waktu pelunasan tagihan selama 24 jam sejak meletakkan order, dan kalau hari Senin baru masuk datanya kemudian Selasa baru dikonfirmasi jelas batal kan? Isi pesan “Anda memiliki keleluasaan waktu 11 jam 1 menit untuk menyelesaikan pembayaran sebelum pesanan Anda dibatalkan secara otomatis.” muncul di halaman Cek Status Pesanan Blibli dan statusnya masih Menunggu Pembayaran.

blibli-daftar-pesanan-menunggu-pembayaran

Yang membuat saya frustasi tidak ada kejelasan dari hal ini dari pihak Blibli, dari jawaban mas Noval “Jangan khawatir” dan dari mbak Sari “Bisa diabaikan”. 🙁 Lah kalau selama menunggu konfirmasi stok barangnya habis bagaimana nasib pelanggan yang sudah membayar tapi belum dikonfirmasi? Belum lagi kalau ternyata dibatalkan otomatis oleh sistem Blibli, nasib uang saya bagaimana? Singkatnya benar – benar tidak direkomendasikan transaksi di Blibli.com pada akhir minggu kalau menggunakan transfer bank kecuali kartu kredit maka prosesnya instan.

Saya sudah menyampaikan keluhan diatas melalui livechat customer care Blibli, entah ada follow upnya atau tidak dari sana. Sebenarnya puas dengan kemudahan memesan dan murahnya barang di Blibli, customer carenya sendiri juga cepat dalam menangani pertanyaan saya. Tapi sistem pesanan yang ada countdown dan dimana diakhir minggu ternyata baru dicek mulai hari senin kok ya malah membuat bingung juga frustasi. Rugi dong beli di hari Sabtu atau Minggu di Blibli, padahal niatnya memesan lebih awal supaya tidak kehabisan stok dan dikirim diminggu depan saya juga maklum karena ini akhir minggu, tapi kok konfirmasi penerimaan pembayarannya ikut minggu depan juga.

Semoga pelayanan Blibli ditingkatkan menjadi lebih baik kedepannya. Tidak kapok karena memang masalahnya bukan faktor kesengajaan tapi jadi pembelajaran saja bahwa dari pengalaman belanja di Blibli.com ini sebaiknya di hari kerja kalau order supaya tidak terhalang sistemnya.

43 pemikiran pada “Curhat belanja di Blibli pada akhir minggu”

  1. Hi. Saya juga lagi kena masalah yang sama. Hari minggu transfer hari ini status masi nunggu pembayaran dan di situ tertulis akan dibatalkan sistem 2 jam an lagi. Saya mau tanya apa status pesanan anda kemarin sempat di batlkan sistem? Saya juga sudah chatting dengan CS di suru tunggu sampai selasa. Tq

    Balas
    • Selamat sore Tommy, kabar bahagia kok. 🙂 Ternyata tidak dibatalkan ordernya, tapi pesan konfirmasinya memang benar masuk hari Selasa. 🙁 Lama sekali rasanya kalau dibandingkan Lazada. Sedangkan barangnya sendiri baru dikirimkan hari Rabu malam, soalnya harus dijemput oleh kurir ekspedisinya. Ini sistem dari Blibli.com kalau semua pengiriman akan ditangani olehnya. Jadi tambah lama lagi karena pihak merchant partner tidak bisa mengirimkan sendiri. 🙁

      Sisi positif dari sistem pengiriman barang seperti Blibli adalah packing dari barangnya saya benar – benar salut. Sudah dibungkus, diberi bubble wrap, ditutupi styrofoam dan dipak kayu. Benar – benar luar biasa standar pengirimannya. Ini juga berlaku untuk barang kecil, saya beli 1 buah micro SD Card dan pengepakannya juga mirip, tidak dengan kayu untuk bungkus terluarnya tapi dengan dus Blibli.

    • Halo Trisna, ya itu lah frustasinya mas. Padahal BCA dan Blibli itu masih ada hubungan lho (Grup Djarum). Tapi kok Lazada bisa konfirmasi pembayaran hari Sabtu dan Minggu.

      Balik lagi ke pengalaman saya, akhirnya walau timernya habis ternyata ordernya tidak dibatalkan dan benar saja konfirmasinya hari Selasa.

  2. Tapii barangnya sampe kah apa gimana kelanjutannya??

    Edit:

    Tapi gimana nih barangnya sampai atau dicancel apa gimana kelanjutannya sampe skrng saya blom tau status barang saya gmna

    Balas
    • Halo Bagus, kalau masalah kemasan sebenarnya saya malah kagum lho mas. Bukan hanya dibungkus biasa, ada bubble wrapnya dan setelah itu dimasukkan kardus dengan logo Blibli. Ini walaupun barangnya cuma 1 microSD card hampir sama perlakuannya. Mungkin yang buat lama proses pengirimannya ya pengepakannya ini.

  3. Makanya sebelum order iu dibaca dulu tata cara. Jelas blibli menerangkan kalau pembelian hari SABTU DAN MINGGU DIPROSES KONFIRMASINYA HARI SELASA. “JADILAH PELANGGAN YANG CERMAT, SALAH SENDIRI GAUSAH NGATAIN GAK JELAS. YANG JELAS ITU KARENA PEMBELIBTAK CERMAT.

    Balas
    • Halo mas Fahmi, saya terima tanggapannya dan saya rasa perkataan anda cukup benar kalau nada dari penulisan saya bisa dikatakan agresif. 🙂 Harap maklum waktu itu saya kecewa karena tidak ada informasi mengenai proses konfirmasi pembayaran kalau transaksinya di akhir minggu.

      Sanggahan dulu ya, saya sudah mencari – cari informasi sebelum saya menuliskan pengalaman diatas. Setidaknya saya sudah mencari di Google dan di situs Blibli sendiri, mungkin saat itu belum ada atau tidak jeli dan akhirnya memilih menanyakan langsung ke customer service, tujuannya membantu kita bukan?

      Link dimana Blibli menjelaskan konfirmasi pembayaran yang anda sebutkan: https://www.blibli.com/pages/self-service

      Halaman ini setidaknya belum ada saat itu, pertama kali dideteksi bulan September 2015 jadi setidaknya 3 bulan selisihnya dari kejadian yang diceritakan: http://web.archive.org/web/*/http://www.blibli.com/pages/self-service

      Dari kritik anda cukup masuk juga, karena sebenarnya ini bukan masalah sekarang karena sudah ada penjelasannya nanti akan saya modifikasi artikelnya, terutama judulnya agar tidak terlalu kontroversial. Tidak ada niat black campaign, dan saya menceritakan apa adanya sesuai kejadian saat itu.

      Terimakasih atas komentarnya.

  4. Bro kalo umpama saya beli hp kredit 12 bulan…..barangnya sampai ke tempat saya apakah harus lunas atau saya kirim wktu pertama di suruh pembayaran

    Balas
    • Dikirimnya hari Selasa mestinya mas, atau Rabu tergantung merchantnya. Padahal Blibli ini satu grup dengan BCA, kok malah kalah dengan situs ecommerce lainnya dalam hal pembayaran.

  5. mau nanya mas, kolom chat nya dibaia mana ya? yg ada cm no call nya dan alamat emailnya. saya ingin menanyakan barang saya yg di order tgl 19 tp blm sampai2 jg. tks

    Balas
  6. Kak mau tanya,ini kan udah konfirmasi pembayaran,tapi belum ada kelanjutannya,nah itu gimana ya?padahal jam akhir transfer itu jalan terus,itu pesanannya tetep diproses kan kak?

    Balas
  7. Tahukah anda, kalau harga barang” di blibli itu mahal? karena blibli ambil komisi dari setiap penjualan yang terjadi, besaranya komisi berbeda” misal untuk kuliner, blibli ngambil komisi sekian persen, dll. contoh harga hp yg seller jual di lapak lain” seharga 500rb tapi di blibli mereka jual dengan harga 600rb, nah misalnya komisi yg diambil blibli itu 100rb, jadi seller dapetnya 500rb. Sedangkan untuk packing itu tergantung dari seller nya, karena yg jualan bukan blibli, jadi kalau sellernya profesional dan ngerti soal packing, ya pasti bagus hasilnya, box dus yg ada logo blibli, itu seller harus beli dari blibli kalu mau, kalau tidak pakai dus trsbt jg gpp.
    sistem pengiriman di blibli lambat, kenapa? karena setiap seller mendapatkan order, dan sudah konfirmasi proses orderan tidak bisa langsung kirim barangnya hari itu juga, tp nunggu dari pihak kurir misal JNE ngambil barang dari seller. jadi bukan seller yang pergi ke JNE tapi JNE yang jemput barangnya, misal order hari senin, selasanya barang dijemput.

    Balas
    • Tahu mas kalau belanjanya di rekanan. 🙂

      Pas saya bikin keluhan ini waktu itu barangnya dikelola sendiri oleh Blibli. Dan yang jadi masalah itu lama konfirmasi pembayarannya, soal lama pengiriman saya bisa toleransi karena sudah umum di online mall lainnya tidak langsung kirim kecuali dapat seller mantap di Tokopedia dan BukaLapak. 🙂

      Saya sudah lama tidak belanja di Blibli, mungkin sekarang sudah jauh lebih baik dibandingkan waktu awal – awalnya.

  8. Mau tanya Boss…
    Pengiriman barang berupa hp ..maksimal berapa hari untuk wilayah SUKOHARJO Jawa tengah.. Kok dari kemarin status pesanan cuma dalam pengiriman aja..

    Balas
    • Nomor resinya sudah dapat mas? Coba dilacak dulu, soalnya itu sudah di ekspedisi. Kalau estimasi ya mungkin 3-5 hari kerja mas.

  9. Om mau nanya nih, gimana caranya buat buyer spy bisa interaksi dengan seller ya? Rencana mau order laptop di blibli.com tp mau ngecek stok malah gak ada menu pesan atau chat di aplikasi androidnya.

    Balas
    • Setahu saya memang ga ada fitur tersebut mas di Blibli. Kayanya interaksi langsung dengan seller cuma ada di Tokopedia dan BukaLapak. Elevenia juga rasanya.

  10. Misi mas mau nanya, dulu pesanan mas sempet dinyatakan di cancel gak?
    Saya pesan gitar pada hari selasa pukul 7:30 dan saya bayar di atm mandiri pukul 10:30 setelah nanya CS dia bilang tidak usah khawatir dibatalkan kalo sudah bayar.
    Nah pada hari rabu saya malah dapet email yg menyatakan kalau pesanan saya di cancel karena melewati batas pembayaran padahal saya sudah bayar dari hari selasa.. Sekarang uang saya gatau nasibnya gimana 🙁

    Balas
    • Nah itu, tidak dibatalkan mas. Yang saya takutkan waktu itu ya yang seperti mas alami. Mungkin karena masih baru jadi tidak secara jelas dituliskan bagaimana ketentuannya kalau belanja akhir minggu.

      Coba kontak CSnya lagi dan minta dipesankan ulang.

  11. saya juga kasusnya sama. bayar pakai CC di hari sabtu tapi karena sinyal mendadak buruk jadi pembayaran tidak terkonfirmasi oleh blibli, sementara dari bank sudah sukses… saya konfirmasi ke CS diminta tunggu sampai senin, senin siang dikabari transaksi sukses dan order dilanjutkan tapi sudah 2 hari saya cek statusnya “sedang diproses” dan saya cek di merchant barang yang saya order statusnya sudah habis…. jadi serba bingung

    Balas
    • Ada kemungkinan dibatalkan dan refund kalau begitu mas. Sudah kontak sellernya langsung apa pesanan anda diproses?

  12. Coment donk…mau tanya jg saya pesan hr senin…saya udah konfirmasinpembayaran..tapi dihari selasa oembayaran dibatalkan karena melebihi batas waktu..pdahal udh mnggunakan virtual account…sdh mnghubungi csny katanyanmau direfund..tapi apa bisa yg sdh dibatalkan statusnya bisa berubah jd proses..karena konfirmasi dr bank ny blm masuk….

    Balas
    • Pembayarannya sudah dikonfirmasi mbak? Biasanya barang dikirimkan dalam 1-2 hari kerja. Kalau sampai kapan tergantung rute dan pakai ekspedisi apa.

  13. Tulisan ini diposting tahun 2015, dan di tahun 2018 blibli masih sama untuk sistem konfirmasi pembayarannya. Saya baru saja mengalami masalah yg sama.

    Ini berarti blibli tidak melakukan perbaikan sistem pembayarannya, meskipun keluhan dari customer sudah banyak terjadi. Sepertinya bikin kapok belanja di blibli.

    Balas
  14. saya bayar cicilan leasing lewat blibli, pesanan 16.04 tanggal 29 okt, langsung dibayar 16.10 sampe 24 jam berikutnya pembayarannya belom ada konfirmasi sampe batas akhir pembayaran, kapok jadinya 🙁 salah banget saya gak ngecek review konsumen dulu sebelum transaksi

    Balas
    • Oh iya mbak? Saya sudah sangat lama ga belanja di Blibli soalnya… padahal ini produk digital ya, verifikasinya terlalu lama.

Tulis komentar...