Daftar arti kode Gateway J&T Express

Salah satu ekspedisi yang naik daun sekarang adalah J&T Express, yang secara pelafalan mirip dengan JNE. Secara pribadi, saya lebih suka menggunakan ekspedisi ini karena jaminan 1 hari pasti diberangkatkan dan hari Minggu atau libur tetap ada pengantaran. Dari pengalaman sangat jarang terlambat atau diluar estimasi lama pengiriman.

Nah… ciri khas hasil pelacakannya adalah penggunaan kata Gateway dalam alur perjalanan paketnya. Misal MES_GATEWAY. Sebenarnya apakah Gateway yang dimaksud ini? Dan apa fungsi kode 3 huruf diawalnya?

Sederhananya, bisa dikatakan gateway itu gudang JNT di kota yang ditandakan dari kode 3 huruf diawalnya, dimana MES itu adalah kode dari Medan. Cukup mudah dipahami kan? Sistem penamaan ini bukannya dibuat sendiri atau ngawur, tapi diadaptasikan dari kode bandara di Indonesia.

Nah… berikut saya share daftar kode gateway dan arti kota yang bisa dipakai J&T Express:

KotaKode Gateway
AmahaiAHI
AmbonAMQ
AnggiAGD
AtambuaABU
AyawasiAYX
BaboBXB
BalikpapanBPN
BandaNDA
Banda AcehBTJ
Bandar LampungTKG
BandungBDO
BanjarmasinBDJ
BanyuwangiBWX
BatamBTH
Batu sLSE
Bau-BauBUW
BaweanBXW
BengkuluBKS
BenjinaBJK
BiakBIK
BimaBMU
BintuniNTI
BontangBXT
BuliWUB
CilacapCXP
CirebonCBN
DatadawaiDTD
DenpasarDPS
DoboDOB
DumaiDUM
EndeENE
FakfakFKQ
GalelaGLX
GorontaloGTO
Gunung SitoliGNS
Gusti Syamsir AlamKBU
JakartaHLP
JakartaCGK
JambiDJB
JayapuraDJJ
JemberJBB
KaimanaKNG
KaoKAZ
KendariKDI
KetapangKTG
KolakaPUM
KupangKOE
Labuan BajoLBJ
LabuhaLAH
Long ApungLPU
Long BawanLBW
LubuklinggauLLG
MakassarUPG
MalangMLG
MamujuMJU
ManadoMDC
ManokwariMKW
MasambaMXB
MataramLOP
MaumereMOF
MedanKNO
MedanMES
MelonguaneMNA
MeraukeMKQ
MoaJIO
MorotaiOTI
NabireNBX
NahaNAH
NamleaNAM
NamroleNRE
NumforFOO
NunukanNNX
OksibilORG
PadangPDG
Padang SidempuanAEG
PalangkarayaPKY
PalembangPLM
PaluPLW
Pangkal PinangPGK
PangkalanbunPKN
Parapat / Toba SamosirSIW
PekanbaruPKU
PontianakPNK
PosoPSJ
PutussibauPSU
RanaiNTX
SamarindaSRI
SampitSMQ
SaumlakiSXK
SavuSAU
SelayarLLO
SelayarKSR
SemarangSRG
SibolgaFLZ
Siborong-BorongDTB
SintangSQG
SiporaRKI
Solo / SurakartaSOC
SorongSOQ
Suka MakmueMEQ
Sumbawa BesarSWQ
SurabayaSUB
TakengonTXE
Tangerang SelatanPCB
Tanjung PandanTJQ
Tanjung PinangTNJ
Tanjung Redep, BerauBEJ
Tanjung SelorTJS
TarakanTRK
TernateTTE
TimikaTIM
TualLUV
WaikabubakTMC
WaingapuWGP
WamenaWMX
WasiorWSR
YogyakartaJOG

Kalau ada kode yang belum dipahami dalam gateway, atau tidak ada dalam tabel diatas bisa ditanyakan dalam komentar dibawah.
Semoga bermanfaat. 🙂

1.338 pemikiran pada “Daftar arti kode Gateway J&T Express”

  1. Paket saya sekarang di PWX gateway, itu di kota mana yah? Soalnya kota yg belakangnya pake huruf “X” kayaknya gak ada yg di lewatin paket sy deh.. Takutnya salah tujuan.. Mohon bantuan nya min?

    Balas
    • Barangnya sudah diterima:

      Waybill No. Jd0023710784
      13/11/2018 – Tuesday
      13:19
      【SURADADI】from【Lulu Masluhah】has been delivered
      13:23
      by【SURADADI】send package【TEGAL_TIMUR】
      17:03
      package is successfully delivered to destination【TEGAL_TIMUR】
      17:22
      by【TEGAL_TIMUR】send package【SRG_GATEWAY】
      14/11/2018 – Wednesday
      06:14
      by【SRG_GATEWAY】send package【BDO_GATEWAY】
      11:26
      package is successfully delivered to destination【BDO_GATEWAY】
      17:35
      package is successfully delivered to destination【SRG_GATEWAY】
      15/11/2018 – Thursday
      07:34
      by【BDO_GATEWAY】send package【GEBANG】
      10:45
      package is successfully delivered to destination【GEBANG】
      11:54
      【GEBANG】sprinter【Fadhila Divanagara】is sending
      20:05
      has been received, receiver name:【yati】

  2. saya juga lebih suka jnt mas, barang dikirim jumat siang, minggu siang sudah saya terima. sayang seller di shopee masih sedikit yg menggunakan jnt.

    Balas
    • Kalau ada pilihan JNT saya utamakan memang. Ekspedisi lain dari pengalaman masih kalah, kecuali kalau agennya dekat rumah. 😀

  3. Kalau pengiriman dari medan ke kotapinang dan keterangan nya sudah sampai di mes_gateway itu artinya paket saya masih dimedan dong? Sementara pengiriman nya dari medan, coba bisa dijelaskan gk?

    Balas
  4. 13/09/2017 – Wednesday
    18:38【SETIA_BUDI】dari【Nita P****** S***】paket sudah diterima
    14/09/2017 – Thursday
    10:58oleh【SETIA_BUDI】di kirim ke【MES_GATEWAY】
    13:55paket sudah sampai di tujuan【MES_GATEWAY】
    15/09/2017 – Friday
    02:35oleh【MES_GATEWAY】di kirim ke【MDC_GATEWAY】

    Kalau status tracking nya gini, maksudnya dari setiabudi mana ya, mas? Mosok iyo setiabudi Jakarta?!

    Balas
  5. Alamat jogja gateway dmn ya mas?
    Masalahnya status pengiriman saya bermasalah di kirim ke jogja gateway bermasalah diterima jogja gateway gitu mulu…

    Balas
  6. 28/09/2017 – Thursday
    17:22
    oleh【AMI_GATEWAY】di kirim ke【DPS_GATEWAY】
    29/09/2017 – Friday
    07:42
    paket sudah sampai di tujuan【DPS_GATEWAY】
    30/09/2017 – Saturday
    21:02
    oleh【DPS_GATEWAY】di kirim ke【AMI_GATEWAY】
    01/10/2017 – Sunday
    09:49
    paket sudah sampai di tujuan【AMI_GATEWAY】

    ini maksudnya gimana ya gan?kok saya kirim dari mataram balik ke mataram lg?

    Balas
  7. *********************************
    DETAIL PENGIRIMAN
    *********************************
    Nomor resi : JS0002562648
    Jenis layanan :
    Tanggal pengiriman : 2017-10-05 18:05:01
    Berat kiriman : Kg
    Nama pengirim :
    Kota asal pengirim :
    Nama penerima :
    Alamat penerima :
    *********************************

    STATUS PENGIRIMAN
    *********************************
    Status : ON PROCESS
    Nama penerima :
    Tanggal diterima :
    *********************************

    RIWAYAT PENGIRIMAN
    *********************************
    2017-10-05 18:05:01
    CIKARANG_BARAT Dari Siti Mayriana Paket sudah diterima
    2017-10-05 21:36:08
    Paket dikirim dari CIKARANG_BARAT Dikirim menuju BKI_GATEWAY
    *********************************

    Tu statusnya kok dikirim ke bekasi, padhl harusnya ke tasikmalaya, gimana tu gan maksudnya?

    Balas
    • Sudah diterima 11 Oktober:
      00:23paket sudah sampai di tujuan【BDO_GATEWAY】02:08oleh【BDO_GATEWAY】di kirim ke【BKI_GATEWAY】04:21paket sudah sampai di tujuan【BKI_GATEWAY】06:50oleh【BKI_GATEWAY】di kirim ke【SETU】10:08paket sudah sampai di tujuan【SETU】13:18【SETU】sprinter【Denden Tubagus Wahid】sedang mengirim17:48sudah diterima, penerima adalah:【abdul】

  8. Mas mw tanya paketan saya kn dari karawang tujuan k BANGKALAN madura..tp kok skrng ada d BDO gateway it kira2 ap slh alamat atau gmn ya…

    Balas
  9. Emang pake j&t tuh lebih enak sihh sngat terjamin . Barang di antarkan. Nggak prnah telat . Nggk sma tetangga sebelah. Klau brang datang sampai seminggu juga nggak dikirim” ? .

    Balas
  10. Mas saya ada yg paket Dari Tgl 10 oktober 2017,, Dari Batam Ke tanjung balai Asahan, kenapa pe Tgl 16 paket saya belum juga sampe y??? Saya cari Ke cabang katanya masi di medan sejak Tgl 14 jam 1 pagi posisi dimedan, sampe Tgl 16 gak bergerak, saya buat laporan di cabang Sama call pusat, jam Tgl 16jam 7 malam baru la bergerak, tapi saya cek Uda di posisi RPT,, bukanya medan ke tanjung balai y?? Kan beda RPT ke tanjung balai?

    Balas
  11. Saya di cikarang selatan. nah kalo barang sudah sampai di bki gateway, trs proses selanjutnya gmn? Apakah kurir mengantarkan sampe lokasi atau harus ambil sendiri?

    Balas

Tulis komentar...