Mengetahui arti status pelacakan J&T Express

J&T Express merupakan salah satu jasa ekspedisi domestik yang mulai populer digunakan. Dari pengalaman memakainya selama ini memiliki keunggulan dengan dijamin dalam 1 hari pasti diberangkatkan dari kota asal, jam kerja pengantaran sampai malam dan memang pada hari minggu saya pernah menerima paket yang dikirim lewat JNT ini. Kalau anda pernah melakukan cek resi yakin tidak terlalu sulit memahami apa maksudnya, tapi memang ada yang tidak standar.

Langsung saja ya, saat anda melacak nasib paketnya akan muncul beberapa istilah – istilah atau kode yang digunakan untuk menjelaskan status pengirimannya.

jnt-express-hasil-pelacakan

  • Paket sudah diterima.
  • Paket sudah sampai tujuan.
  • GATEWAY, biasanya memiliki format KodeKota_GATEWAY (misal SUB_GATEWAY). Ini adalah lokasi/gudang J&T Express pada kota tersebut untuk proses sortir sebelum barang diteruskan keluar kota atau kedalam kota tujuan.
  • Sprinter, ini maksudnya adalah kurir dan barangnya sudah dibawa untuk diantarkan. Ada nama orangnya.
  • Bermasalah, status umum kalau ada masalah. Sayang tidak dijelaskan kenapa dalam keterangannya. Tapi paling sering karena penerima tidak ditempat atau alamatnya salah. Bisa juga si kurir masih belum menemukan alamat tujuan.
  • Simpan, Kalau paket anda tidak dimungkinkan diantarkan saat itu juga maka akan disimpan dulu di cabangnya (Drop Point). Seringnya karena kemalaman atau terlalu jauh.
  • Scan, informasi saja bahwa paket tersebut telah diproses dan diupdate statusnya.
  • Invalid Airway Bill, maksudnya nomor resi yang anda masukkan salah. Tapi dari pengalaman cukup rutin ini disebabkan server tracking J&T Express down atau bermasalah. Jadi seluruh resi yang dilacak di situsnya atau lewat aplikasi Android ya sama – sama tidak berfungsinya.

Ada beberapa istilah yang dipakai tidak saya jelaskan karena sudah cukup deskriptif artinya apa dan dari alur trackingnya juga bisa dikira – kira. Juga cukup sering menggunakan kode kota tiga huruf dalam trackingnya, kalau memang dibutuhkan nanti akan saya update daftarnya supaya lengkap.

Seluruh informasinya saya dapat dari pengalaman pribadi, share pengunjung lain, tanya ke kurir/J&T Express langsung. Bisa jadi ada ketidakakuratan dan saya menerima koreksi untuk itu.

Oh ya kalau anda ingin tahu dimana lokasi agen atau cabang J&T Express di kota anda bisa buka link berikut: http://jet.co.id/express-services/drop-point
Dan kalau mau komplain atau menyampaikan keluhan saya sarankan lewat Facebook atau Twitter, responnya cukup cepat dan baik dari sana.

Semoga bermanfaat. ­čÖé

4.519 pemikiran pada “Mengetahui arti status pelacakan J&T Express”

  1. Kak paket saya kirim paket dari semarang ke tangerang, nah kemain saya cek sudah sampai tangerang, tapi knapa hari ini di semarang lagi?

    Balas
  2. Bang kok paket saya gak datang datang ya posisinya dari jam 1-5 (Kediri)paket akan dikirimkan ke sub_gatway, mas tolong cek no. Resi: JP0890021795. Takutnya gak bakal datang ke tujuan

    Balas
  3. Oh ya mas. Mohon brtnyak jika status proses pengirimn nya dibuat pusat transit kota Labuhan batu diberangkatkan ke Labuhan batu. Mksud nya gmna ya mas???

    Balas
  4. Oh ya mas.. Paket saya status nya pusat transit kota Labuhan batu diberangkatkan kelabuhan batu.. Mksud nya itu gmna ya ms???

    Balas
  5. Kalo kaya gini gimana?
    [Pemalang]paket telah diterima[rijal jnt][mailing room]
    Itu kira┬▓harus ditunggu lagi atau gimana?
    Mohon bantuanya,makasih­čÖĆ

    Balas
    • Sama kak. Ni paketan saya juga begitu. Statusnya terkirim ke malang dan diterima oleh rizal padahal kota tujuan ke pematangsiantar

  6. JD0078942300 mas itu nmor resi sya,d kirim dri jambi k toili sulawesi tengah ko malah sampe k manado, mohon bantuanya

    Balas
  7. Min tolong, saya sedang beli barang di toko online ig, tapi apakah resi ini JD0089498123 valid?. Karna penjual meminta untuk aktivasi penertiban kode resi melalui m-banking, apakah memang ada syarat2 seperti itu?. Tolong dicek min

    Balas
  8. malam kak, mohon bantuannya. paket saya dgn no resi JP0032206143 keterangannya failed pick up terdapat barang berbahaya. pdhl isinya cuma lotion, sampo, dan hit spray kak. mohon penjelasan dan solusinya. trimaksih

    Balas
  9. JP6530085543
    Tolong di cek kenapa paket gagal kirim alamat salah / sudah pindah rumah padahalkan saya sudah nulis alamat betul dan ga pindah rumah.
    Sudah beberapa kali beli barang online kirim paketan selalu sampai ko.

    Balas
  10. Mas kenapa status barang saya suruh diambil di dp ya,,,padahal alamat sudah jelas,saya sudah biasa order sebelumnya ,,,lancar2 aja sampe rumah,,kenapa kali ini gitu yaa
    Resi;jp0138416156

    Balas
  11. mas tolong cek resi saya, kok statusnya Terkirim: Drop Point, TEMANGGUNG (Tina k2) [atasan/staf/karyawan] padahal belum diterima JP4845833562

    Balas
  12. Mas chandra tolong cekin resi JP2029241580..statusnya [banjarmasin]paket akan dikirimkan ke gateway jakarta pesawat ini artinya apa ya mas. Udah 4 hari pketan blm smpe jga. Terimakasih

    Balas
  13. Numpang tanya kak kalo setatus paket gagal pik up paket sedang di siapkan, padahalkannpaketnya udah di pick up / sudah di serahkan ke kurir jnt itu gemana ya?

    Balas
  14. JP6163072180
    Kak tolong dibantu resi ini..berhenti di Drop point’ Tangerang sdh 1 Minggu..belum juga ada perkembangan..kenapa ya

    Balas
  15. Mas paket saya nyasar ke kecamatan lain, kemaren ada di telpon sama kurirnya makanya tau, terus sekarang statusnya pick up falied dan telpon bermasalah, terus paket saya tetep akan di antar ke rumah ga ya ?

    Balas
  16. Numpang nanya ka kalo paket saya masih di.nomor pelacakan di buat itu kenapa ya soalnya kemarin juga masih disitu.sekarang pun juga masih di situ

    Balas
  17. Kenapa busa status sudah diterima hari jumat padahal paketnya belum diterima. Sebenarnya siapa yang memasukkan status paket di aplikasi.

    Balas

Tulis komentar...