DNSPerf: Mengetahui DNS Hosting terbaik

Saya sudah beberapa kali membahas mengenai layanan DNS hosting dan kalau dari penggunaan biasa memang tidak terasa bedanya. Tapi kalau kita sensitif terhadap kualitas dan kecepatan dari suatu DNS server dalam menangani nama domain kita tentu saja akan lebih membandingkannya. Daripada kita repot – repot menguji satu – per satu setiap penyedia DNS hosting kita sebaiknya menggunakan data dari DNSPerf.

DNSPerf adalah situs yang melacak dan menguji kecepatan dan kehandalan dari layanan DNS hosting yang dibuat oleh pencipta jsDelivr.

dnsperf-performance-asia

Dari grafik yang diberikan kita bisa menilai mana yang terbaik dibandingkan layanan lainnya yang sejenis. Data yang ditampilkan akan ditampilkan seluruh dunia atau dibagi menurut areanya. Karena kita di Indonesia maka kita sebaiknya melihat di Asia dalam 1 bulan terakhir, dimana semakin kecil adalah semakin baik.

Tentu saja kecepatan respon yang baik tidak ada gunanya kalau DNS servernya tidak selalu ada, jangan khawatir DNSPerf juga memantau uptime dari layanan DNS hosting.

dnsperf-uptime-asia

Dan ternyata rata – rata semuanya diatas 99% setiap bulannya (semakin tinggi semakin baik). Sungguh fantastis. Apalagi diantara nama layanan DNS hosting berbayar juga ada yang gratis tapi kualitasnya tidaklah kalah.

Tulis komentar...