Layanan DNS Hosting gratis

DNS Hosting merupakan salah satu komponen vital dari nama domain, karena dari sini kita bisa mengatur bagaimana cara mengakses server hosting dari website dan dimana lokasinya, verifikasi kepemilikan nama domain, menerima dan mengirim email dengan domain sendiri, menggunakan custom domain untuk layanan online seperti blogspot, dan masih banyak lagi.

Kalau anda membeli paket hosting website maka anda tidak perlu mencari layanan DNS hosting karena anda bisa mengatur DNS Zone dan DNS Record untuk nama domain anda di cPanel. Lain halnya bila anda menggunakan layanan online yang tidak menyediakan panel pengaturan DNS record atau cuma bisa mengganti nameserver saja. Mau tidak mau anda harus memakai layanan pihak ketiga agar domain anda dapat digunakan.

Nah… berikut adalah beberapa layanan DNS hosting yang bisa anda gunakan dan pastinya gratis. Akan saya berikan penjelasan singkat dari masing – masing layanan berdasarkan pengalaman saya menggunakannya.

PointDNS
pointdns-custom-domain-tumblr

PointDNS memberikan DNS hosting untuk satu domain saja dan dibatasi 10 record, kalau cuma untuk custom domain jelas cukup tapi kalau anda mau menggunakan email hosting dengan domain sendiri bisa dikatakan agak memaksa dari batasannya. Belum lagi kalau anda menggunakan layanan yang membutuhkan TXT record dari domain, wah… anda harus memilih mana yang lebih penting. Silahkan baca review PointDNS saya selengkapnya.

ClouDNS
cloudns-domain-setting

Sedangkan saya lebih menyukai ClouDNS karena tidak ada batasan record DNS yang bisa dibuat, yang diberi kuota cuma bisa dipakai untuk 3 domain saja. Ini sudah cukup untuk penggunaan biasa. Saya pernah membahas mengenai ClouDNS sebelumnya kalau ingin mengetahui detailnya.

CloudFlare DNS
cloudflare-dns-records-for-domain

CloudFlare memang dikenal sebagai penyedia layanan CDN gratis yang cukup populer, tapi sebenarnya kita bisa menggunakan DNS hosting milik mereka yang sampai saat ini saya tidak tahu apa batasannya. Anda tidak harus mengaktifkan layanan CDN mereka kalau tidak diperlukan, terutama kalau hanya membutuhkan fungsi manajemen DNSnya saja.

Rage4
rage4-zone-management

Rage4 merupakan penyedia layanan DNS hosting yang serbabisa. Banyak fitur – fitur tingkat lanjut seperti Anycast, GeoDNS, Failover disediakan disini. Untuk layanan gratisnya kita diberi kuota 250.000 request per bulan per domain. Silahkan baca topik saya mengenai Rage4 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Saya anjurkan agar anda rutin meneliti penggunaan kuotanya karena saya pernah melewati batas padahal domain tersebut tidaklah saya gunakan secara aktif (cuma diparkir). Akhirnya saya mendapatkan tagihan kejutan. 🙁

Hurricane Electric

hurricane-electric-dns-record

Hurricane Electric merupakan big boss dari DNS hosting, kita tidak diberi batasan jumlah record atau query DNS. Yang ada hanyalah maksimal 50 nama domain yang bisa ditambahkan dalam manajemen DNSnya. Lebih dari cukup. Apalagi dengan dukungan dari perusahaan infrastruktur internet dan telekomunikasi besar dunia, jelas kualitasnya bisa diandalkan. Saya sudah pernah menuliskan informasi mengenai Hurricane Electric.

NSONE
nsone-domain-dns-records

Kalau anda membutuhkan fitur tingkat lanjut untuk DNS hosting seperti dari Rage4 tapi yang lebih longgar batasannya (1 juta DNS query per bulan) maka NSONE bisa menjadi solusinya. Saya sangat menyarankan layanan ini kalau traffic DNS query untuk nama domain anda tidak terlalu tinggi tapi lebih besar dari limit Rage4. Silahkan baca review singkat saya mengenai NSONE.

Lainnya

Tentu saja layanan DNS hosting gratis masih ada lagi, tapi tidak semuanya saya tuliskan karena belum saya coba secara penuh karena sudah puas dari pilihan yang saya gunakan. Seperti Free DNS Hosting dari Namecheap atau Afraid, mungkin di lain kesempatan akan saya tambahkan.

Tulis komentar...