Cara blokir akses hotspot di modem Huawei

Merasa terganggu ada perangkat tidak dikenal ikut menggunakan akses internet anda melalui hotspot? Mengganti password WiFi memang bisa menjadi solusi tapi kalau dilakukan berulang kali dan ternyata passwordnya bisa dengan mudah diketahui (ditanya saudara) maka kita perlu memakai cara yang lebih kejam. Kalau anda kebetulan juga menggunakan modem WLAN merek Huawei maka bisa memblokir seluruh akses dari perangkat yang tidak dikenal.

Syaratnya anda perlu tahu apa MAC Address dari komputer anda dan juga handphone, catat alamatnya karena nanti kita butuhkan. Setelah itu silahkan akses halaman administrasi modem Huawei di alamat IP 192.168.1.254 pada browser, saat login isikan admin untuk username dan passwordnya – ini kalau anda merasa belum pernah diubah. Disini saya menggunakan modem Huawei HG532e, jika milik anda berbeda maka semestinya masih mirip langkah – langkahnya. Untuk modem TP-LINK saya sudah pernah menuliskannya.
huawei-hg532e-login

Setelah itu buka menu Basic, pilih WLAN dan akhirnya buka WLAN Filtering. Beri centang pada Enable dan seluruh perangkat yang sedang terhubung akan ditampilkan. Misal opsi ini tidak ada maka anda perlu menggunakan username default lainnya dari modem Huawei, terutama yang berasal dari Telkom Speedy.
huawei-hg532e-basic-wlan-filtering

Pilih anda ingin memblokir perangkat tertentu (blacklist) atau hanya memperbolehkan perangkat tertentu (whitelist) yang bisa terhubung ke WiFi. Saya lebih suka menggunakan whitelist supaya hanya perangkat yang dikenal saja yang bisa terhubung, yang lainnya tendang saja keluar. 😛

Klik New untuk mengisikan alamat MAC address perangkat yang ingin dimasukkan kedalam filtering. Jika sudah selesai maka klik saja Submit dan seluruh perangkat yang sedang terhubung akan otomatis terkena aturan anda, misal tidak diperbolehkan maka akan langsung diputus koneksinya dan tidak bisa masuk lagi.

Untuk memaksimalkannya saya anjurkan juga sembunyikan WiFi anda supaya tidak ada yang tahu dan mencoba ikut menggunakannya.

51 pemikiran pada “Cara blokir akses hotspot di modem Huawei”

  1. mas kalo pake cara diatas trus kalo hidden broadcast nya di enable memang walopun yg udah dwhitelist juga ga bisa make ya?kalo bisa gimana caranya ya mas?jadi android saya biar bisa dpake juga gtu walopun dhidden broadcast,makasih mas sebelumnya

    • Bisa kok mas, saya sendiri menggunakan hidden WiFi di rumah. Sungkan sama tetangga kalau ga dibolehkan numpang, ya disembunyikan saja. 😀

      Nah… silahkan ikuti panduan berikut untuk menghubungkan handphone Android anda ke WiFi yang SSIDnya hidden: http://utekno.com/menghubungkan-android-wifi-disembunyikan-9439

      Saya sarankan jangan pakai sistem blacklist/whitelist MAC address dulu kalau ini yang anda maksudkan diawal. Ini supaya saat uji coba terkoneksi tidak ada blokir dahulu untuk memastikan bisa tidaknya. Jika sudah lancar maka baru aktifkan filtering perangkatnya.

  2. hahahaaa alasannya kurang lebih sama 😀
    ohh gitu ya mas jadi mending ga usah pake white/blacklist aja skalian kalo gitu biar aman ga ada masalah,,oiya mas kemaren tuh abis bermasalaha jaringan speedy saya udah manggil teknisi udh dbenerin nah skg maslahnya kok kecepatannya jadi berkurang ya beda sama sbelum ada masalah kmrn itu saya tahu pas lagi download dan posisi jga pas cuma saya yg make,ada cara ga mas buat nambah kecepatannya?
    btw saya salut sama sampeyan semua pertanyaan dwebsite djawab dengan ramah,jarang2 saya nemuin loh,,ta doain sampeyan selalu dapat rejeki yg halal dan barokah mas aamiin

    • Hahaha ya serba salah soalnya mas. 😀

      Oh ngga mas, maksud saya kalau setting untuk nyembunyiin WiFi itu diujicoba dulu sudah berhasil atau tidak. Setelah itu dicek apakah bisa konek ke jaringan WiFi tadi tanpa ada masalah. Baru setelah semuanya sukses silahkan menggunakan blokir perangkat.

      Yakin cuma sendirian mas? Tidak diinstall software apapun atau sedang mendownload file saat itu? Saran saya hubungi 147 menanyakan apa paket speedy anda. Kurang lebih kalau 512KB akan mendapatkan kecepatan 50-64KB per detik, sedangkan 1MB akan mendapatkan kecepatan 100-128KB per detik. Gambaran kasarnya seperti itu.

      Haha… terimakasih banyak mas. 😀

  3. oh begitu okelah nanti saya coba mas.
    ini mas skg saya lagi sndirian n posisi settingn modem masih seperti diatas n hape saya matiin,dan sekarang ni saya jga nyoba download kecepatan normal 85kb/detik,,hah masa sih mas segitu kmrn sbelum ada masalah kecepatan download sya normal 150an kb/detik bahkn kalo moncer bisa nembus 250an kb maksimal,ini punya saya paket 512 mas.
    maksudnya tidak diinstal software apapun itu apa ya mas saya kurang paham hehe..

    • Oh, rasanya kok anda masih kena paket promo ya. Seperti saya waktu awal – awal menggunakan speedy bisa sampai 200KB/s lewat. Soalnya kalau benar anda menggunakan paket 512 akan mendapatkan kecepatan 50-64KB/s.

      Menghitungnya mudah kok angkanya dibagi angka 8 saja untuk mengetahui berapa speed yang akan didapatkan. Kalau 1MB ya 1024 dibagi 8 = 128KB/s.

      Maksud saya tidak sedang mendownload kan mas?

      Teori saya sih paket speedy anda sudah disesuaikan dengan aslinya, soalnya ini memang dibatasi dari sistem mereka.

  4. iya mas kayanya ni skg udah kecepatan normal setelah dsetting ulang kmrn sama teknisinya,bbrapa kali nyoba download kecepatan normal diantara 85kb/s itupun udah ga pake browsing2.oke mas makasih buat share ilmunya sukses trus..

  5. Saya menggunakan huawei hg532e dari telkom. Yg saya gunakan difasilitas umum. Cuma banyak karyawan yang menggunakan nya dan cukup mengganggu fasilitas saya. Penggunaan password tidak mungkin karena saya harus open. Saya tertarik untuk mencoba blacklist mac adress, bagaimana cara mengetahui mac address gadget yg digunakan karyawan2 saya untuk saya blacklist? Thanks buat response nya. Tuhan memberkati

    • Selamat malam Sandry, jangan dibuat susah mas. 🙂 Anda bisa menggunakan sistem whitelist, jadi hanya perangkat atau komputer milik anda misalnya yang bisa terhubung selain itu akan ditolak oleh modemnya, Caranya sama persis dengan yang saya bahas diatas, tapi nanti memilih opsi Whitelist.

      Soal MAC Address dari handphone Android ya misalnya bisa mengikuti cara ini: http://utekno.com/cara-melihat-mac-address-android-11058 Mudahnya langsung buka Settings > About Phone > Status > WLAN MAC Address.

    • Terima Kasih sekali sudah meresponi pertanyaan saya. Cuma permasalahan nya, kalau saya whitelist, tamu yg ingin menggunakan wifi ditempat saya harus saya daftarkan terus ya? Sepertinya tidak memungkinkan menggunakan metode whitelist karena saya tidak selalu standby. Saya harus open security (terpaksa). Mungkin bahasan inti nya begini, saya ingin melihat mac address hp or komputer yg terhubung dengn modem huawei tsb. Saya browse menggunakan “support” tp bingug gak ketemu2 mac adress yg terKoneksi (client yg masuk ke modem). Ketika saya sudah ketemu mac adress nya, baru saya masukan sbg blacklist. Kira2 begitu. 🙂 Terima Kasih buat Sob yg berbaik hati meladeni pertanyaan saya.

    • Oh… saya terpikir manajemen user dan bandwidth sih mas, tapi rasanya terlalu rumit diimplentasikan kalau butuh cepat dan mudah.

      Jadi saya menyarankan cara yang lebih mudah lagi, cuma anda harus rajin – rajin saja memantau setiap perangkat yang terhubung hotspot untuk dimasukkan blacklist MAC addressnya. Anda sudah bisa melakukan blokir akses WiFi kan? Sekarang pada handphone anda install aplikasi bernama Fing (ada versi Android dan iPhone), nanti akan muncul daftar komputer atau gadget yang sedang terhubung (nama, alamat IP, dan MAC Address). Beri nama/identitas terhadap perangkat yang diperbolehkan menggunakan hotspot supaya anda tahu ini milik siapa, kalau tidak dikenal catat dan masukkan kedalam daftar blacklist.

      Pegawai kantor anda melek teknologi tidak mas? Nanti mereka belajar MAC address spoofing lho 😛 , syaratnya harus tahu MAC address perangkat yang diperbolehkan. Kalau di laptop masih mudah mengganti MAC address, tapi kalau handphone harus diroot atau dijailbreak. 😉

  6. Yups itu yang saya inginkan. Sepertinya sementara itu cara yg terbaik. Hehe. Btw Thanks banget ya sudah mau repot2 bantu solve problem saya.

    • Halo Sulasno, sekarang router anda apa? Berapa alamat MAC Address yang akan diblokir? Kok tidak dibalik dengan sistem whitelist mas? Jadi hanya perangkat tertentu yang bisa memakai jaringan WiFinya.

  7. saya pakai HG8245A ada yang bobol dengan memasang router nembak dari wifi saya. udah dicoba pakai wilan filter whitelist tapi kok masih bisa aja ya. username default telecomadmin password admintelecom gimana cara gantinya mas. makasih

    • Halo Ismail, ganti password WiFi semestinya sudah cukup mas. Ini bukannya kenalan anda yang tahu apa kata sandinya dan menyebarkannya? Tidak ada akses belakang seingat saya, kecuali dari Telkomnya mau meremote. Kalau mau ganti password telecomadmin seingat saya login saja dulu dan pada Administration ganti user dan passnya.

  8. mas, saya terlanjur klik whitelist tanpa ada mac address sama sekali dan akhirnya tidak bisa akses ke wifi sendiri. bagaimana cara mengembalikannya ya? trims

  9. Halo sob mau nannya nih misal nya
    1) wifi skola saya di beri perlindungan alamat mac jd klo mau konek harus daftarin alamat mac kita di modem nya ya kan mas
    2)yg kedua saya hack wifi skola saya tersebut sehingga dapat conect yg mau saya tanyakan kira2 ada ga mas cara supaya alamat mac kita ga di blok sama admin wifi di skola saya trims mohon balesan nya ya mas

    • Halo Taqin, wah… mau cara seperti apapun kalau adminnya ngecek ya ketahuan mas. Tidak bisa disembunyikan aksesnya. Tapi mas coba tambahkan saja MAC Addressnya, kalau ga hapal biasanya aman – aman saja.

  10. Mas bro mau tanya kalau mau blokir akses ke built in web pages bagaimana ya? Jadi hanya mac address yang terdaftar saja yg bisa akses. Soalnya kan kelemahan modem huawei ada user password telecom admin yg konon tidak bisa diubah passwordnya.

  11. Mas sy utaik atik mac filter, mac adres yang saya blacklist pertama c bs disconect tp selang beberapa detik kmudian eh malah conect lagi,,, ujung2 nya akses internet saya ga bisa berjalan,,, sudah hbungi teknisi telkom tp katanya ONT nya kependam di pusat ato gmna sy jg ga paham,,, brhubung udh sore jadi di lanjutkan besok,,, pertanyaan sy knpa mac adres yg sudah sy blacklist bisa conect lg selang beberapa detik stlh di mac adres nya sy masukan ke daftar blacklist,,, yg ke dua knp akses internet sy bisa eror dan muncul tanda seru,, padahl modem nya sudah sy reset,,, sy pakai modem huawei HG 8245A,,, thx sblum nya

    • MAC Addressnya yang diblacklist sudah dicek masih ada dalam daftarnya mas?

      Internet yang ga bisa cuma di laptop/komputer anda itu?

      Ini ga bisa disamaratakan diagnosanya mas. Ya harus dicek dulu satu – satu kemungkinan masalahnya.

  12. Mas mas numpang nanya buat memperjelas

    Kan di kosan saya pake wifi, nah anak anak baru suka pada numpang ke kosan, akibatnya kecepatan wifi turun. Saya pingin yang pake wifi tuh cuma anak anak yg bayar aja, sampe sampe temennya nginep nginep.

    Nah itu langkahnya pake whitelist aja atau ada cara lain mas?
    Saya pake wifi indihome hg82…….

    Terimakasih mas

    • Pertolongan pertama:
      1. Catat MAC Address dari masing – masing perangkat milik anak kos.
      2. Masukkan ke whitelist pada modemnya.

      Ini mestinya tidak lama kemudian pasti ada yang belajar kloning MAC Address. Atau berharap saja tidak dijebol. Nah langkah selanjutnya tergantung mau modal atau tidak dan settingnya sendiri kalau buat orang awam ya… repot. Singkatnya cari router yang bisa QoS untuk pengaturan bandwidth dan RADIUS untuk sistem user login.

  13. mas , kalau untuk blacklist dan whitelist hanya dibatasin cuman sampai 8 port ya , apa bisa lebih ? klau bisa lebih gimana caranya mas ? thanks tlg di respone ya mas

    • Yup mas, tergantung modemnya bisa cuma 16 atau 8 perangkat saja. Tidak ada cara menambahkannya karena ini sudah dari firmwarenya.

  14. halo semua saya mau tanya ? di kosanku pake indihome kemaren2 saya bisa conect ke wifi nya tapi tiba2 kok di macbook saya tidak terdeteksi lagi wifi indihomenya tapi di iPhone saya masih bisa, saya udah bilang ke orang yg bertanggung jawab tentang urusan wifi dikosan sudah di utak atik juga sama dia macbook saya biar bisa terdeteksi wifinya tapi gak bisa juga.. tapi wifi lain ato hotspot disekitar macbook saya bisa terdetek, ? apa kah ada temen2 yg bisa bantu? terima kasih sebelumnya ???

    • Jadi SSID/nama hotspotnya ga muncul ya mas? Ini selalu atau kadang saja?

      Coba cek pada channel berapa aktif WiFinya, mungkin Macbooknya tidak support.

  15. Assalamualaikum bang..
    Ada cara lain lagi gk.. sya suda blok mac addres tpi masi bisa d jebol. Karna dy ganti mac addresnya.. sya pake huawei.
    Terimakasih

  16. Mau nny ni, kita ni kan buka warung trsedia wifi, yg kesini maen kn bayar. Pas kmrn ad tetangga datang maen trus byr, plg’y address mereka masi aktif cara apusnya gimana y, biar ntr kalo dy dtg ge, baru daftar masuk wifi ge, kayak pengguna baru gt.

    • Ha? Memang mereka pakai hotspotnya gimana caranya mbak?

      Ganti password tiap hari saja mbak kalau ga ingin sulit.

  17. Mad mau tanya, saya buat SSID baru di router indihome Huawei,, tapi kendala nya SSID yg baru itu tidak bisa akses Internet,, kata teman sih harus di biding atau apalah istilahnya saya lupa yg pasti itu ada di menu WAN,,,tapi pas saya mau seting kok gak bisa di rubahnya pengaturan nya warnanya kaya abu2 gituh,,, pertanyaan saya gmna cara mendapatkan akaes Internet untuk SSID yg baru saya buat, terimakasih

    • Whitelist itu diijinkan mbak. Bukan maksudnya blacklist?

      Coba cek pakai hp/laptop lain bisa? Kalau tidak ya terpaksa reset.

Tulis komentar...