FlashVPN: Koneksi VPN mudah dan gratis untuk Android

Virtual Private Network tampaknya cukup banyak orang yang sudah mengetahui dan menggunakannya. Memang banyak contoh kasus yang memerlukan VPN atau proxy dalam akses internet. 😉 Walau di Android ada banyak aplikasi untuk VPN tapi ternyata menemukan yang benar – benar mudah penggunaannya, cepat aksesnya, dan gratis tidaklah gampang.

Setidaknya ini yang saya alami saat membantu teman saya mencarikan aplikasi VPN untuknya agar bisa dipakai di handphone Android. Banyak dari app di Google Play Store membatasi fitur – fiturnya atau malah sebenarnya berbayar. Tapi akhirnya saya menemukan FlashVPN yang untuk tersambung ke VPN cukup tap pada tombol Start dan tunggu sesaat. Sangat mudah bukan?

android-flashvpn

Opsi lainnya adalah menentukan lokasi server yang digunakan, saat ini hanya ada 3: US (Amerika Serikat), England (Inggris), dan Japan (Jepang). Secara default adalah ditentukan otomatis dan diambil lokasi yang tercepat dari Indonesia – biasanya adalah US.

Saat saya ujicoba dengan menggunakan ASUS Zenfone 5 (4.4.2 Kitkat) dan Lenovo A369i (4.2.2 Jelly Bean) memanfaatkan koneksi WiFi di rumah cukup lancar browsing dan menonton video di YouTube, kalau menggunakan koneksi data seluler semestinya setara asalkan bandwidthnya mencukupi. Yang mengganggu mungkin iklannya kadang fullscreen.

Tinggalkan komentar