Cara menghapus akun Facebook

Advertisements

Facebook adalah salah satu layanan media sosial terpopuler saat ini di Indonesia juga dunia. Lewat fb kita bisa terhubung kembali dengan sanak keluarga jauh, alumni sekolah saat kecil dan sahabat lama yang terpisah.

Dengan semakin banyak informasi profil yang kita simpan, juga setiap aktivitas yang dilakukan di dalamnya maka mesin mereka akan semakin akurat juga menyarankan apa yang kita minati.

Kenapa menutup akun Facebook?

Sosial media tidak untuk semua orang. Mulai dari lingkungan yang toxic, merasa insecure karena membandingkan apa yang ditampilkan orang lain, kecanduan update medsos dan berbagai efek negatif lainnya. Apabila kita mulai was-was bagaimana data pribadi kita digunakan oleh Facebook dan perusahaan satu atapnya: WhatsApp dan Instagram. Sangatlah wajar kita sudah mulai mempertimbangkan penutupan akun secara permanen atau tidak.

Pilih pembekuan atau menghapus akun Facebook?

Pembekuan akun Facebook sifatnya adalah sementara. Efeknya informasi kita di fb seakan-akan hilang begitu saja. Profil kita tidak bisa dicari. Tapi seluruh foto, postingan dan video akan tetap tersimpan. Begitu kita login lagi maka efek penonaktifan akun sementara ini akan berakhir.

Advertisements

Cocok bagi yang masih ragu ingin berhenti total dan ingin tahu apakah bisa lepas. Messenger dan login aplikasi/game tetap bisa digunakan seperti biasa.

Sedangkan menghapus akun Facebook sifatnya permanen. Seluruh informasi kita yang ada dalam database fb akan dimusnahkan dalam waktu 90 hari. Tapi data kita yang dipakai dalam aplikasi atau iklan akan tetap ada di mereka.

Lakukan backup informasi akun Facebook

Sebelum menghapus akun fb secara permanen tidak ada salahnya kita melakukan backup dulu informasi yang sudah tersimpan di dalamnya. Ini bisa kita lihat isinya di suatu ketika apabila membutuhkan.

Advertisements
  1. Dalam keadaan login cek link berikut: https://www.facebook.com/dyi/
  2. Data apa saja yang ingin dicadangkan bisa dipilih di bawahnya. Bisa diperhatikan sangat banyak sekali jenisnya.
  3. Pada baris Minta Salinan klik Buat File.
  4. Download filenya tadi. Ukurannya bisa kecilnya sekian MB atau mencapai GB bila kita aktif penggunaannya.

Jangan lupa cabut akses Apps ke akun Facebook

Supaya data kita berhenti disalahgunakan walau sudah tidak terpakai lagi atau ditutup akun facebooknya maka kita perlu mencabut hak akses aplikasi dan game yang telah kita pakai. Jadi kalau diingat-ingat kita pernah login ke pihak ketiga dengan akun FB segera matikan saja.

  1. Akses link: https://www.facebook.com/settings?tab=applications
  2. Daftar aplikasi dan permainan yang masih memiliki akses ke akun anda akan tampil.
  3. Tandai dan klik Hapus, dan konfirmasi.

Bagaimana caranya menghapus akun Facebook?

Sudah yakin ingin menghilangkan akun Facebook tanpa sisa? Langkah-langkahnya sendiri sangatlah mudah, tinggal ikuti saja panduan berikut.

  1. Masuk dulu ke akun fb dan buka link ini: https://www.facebook.com/deactivate_delete_account
  2. Ada 2 opsi di dalamnya: Nonaktifkan Akun atau Hapus Akun. Perbedaannya sudah dijelaskan di awal.
  3. Pilih Hapus Akun supaya permanen.
  4. Isikan kata sandi untuk verifikasi kepemilikan akun, dan konfirmasi bahwa anda serius ingin mematikan akun Facebook.

Walaupun anda sudah sukses mengirimkan permintaan penghapusan akun FB permanen bukan berarti benar-benar selesai. Facebook memberikan kesempatan untuk mengaktifkan kembali akun anda dalam jangka waktu 30 hari. Begitu login maka langsung bisa membatalkannya. Setelah itu ya bye-bye.

Advertisements

Tinggalkan komentar