Satu langkah instalasi lengkap runtime Windows

Salah satu proses yang paling merepotkan untuk instalasi Windows baru dan juga berlaku untuk Windows yang sudah lama dipakai adalah masalah runtime. Fungsi runtime ini adalah agar aplikasi yang membutuhkannya bisa dijalankan. Masalahnya ada banyak jenis dan versinya yang kadang membuat bingung. Hal ini berlaku baik untuk Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1 dan Windows 10.
Nah… kalau anda membutuhkan salah satu, beberapa atau malah semua runtime berikut:

  • .NET Framework 4.6
  • Java Runtime Environment 8
  • DirectX 9.0c
  • Microsoft Visual C++ Runtime dari tahun 2005 sampai 2015
  • Microsoft Visual J# 2.0 SE
  • Microsoft Silverlight 5
  • Adobe Flash Player (Opera, FireFox, Internet Explorer)
  • Shockwave Player 12 (Internet Explorer)
  • Dan runtime – runtime umum lainnya

Maka anda tinggal mendownload All in one Runtimes: http://www.computerbase.de/downloads/systemtools/all-in-one-runtimes/ dan walaupun tampilannya menggunakan bahasa Jerman bukannya Inggris tapi cukup sederhana kok untuk dipahami. Tapi kalau anda mengalami kesulitan bisa ditanyakan lewat komentar. 🙂

all-in-one-runtimes

Tinggal anda jalankan dan nanti file – filenya akan diekstrak dulu ke folder C:\AiO-Files, jadi bisa dibuka juga dari sana kalau sudah selesai. Langkah selanjutnya nanti memilih aplikasi runtime mana saja yang diinstall, kalau tidak mau repot ya dicentang saja semua. All in One Runtimes ini juga akan mendeteksi instalasi yang sudah ada dan mengeceknya apakah perlu diupdate atau tidak. Bila sudah ada dan yang terbaru maka akan dibiarkan. Sisanya sih anda tinggal menunggu prosesnya selesai. Restart komputer untuk memastikannya.

Oh ya, Software ini bisa digunakan pada sistem operasi 32-bit dan 64-bit. Juga informasi tambahan bawah .NET Framework versi 1.1 sampai 4.0 tidak diikutkan oleh pembuatnya Sereby karena versi tersebut hanya digunakan di edisi Windows yang lama (Windows XP dan Windows Vista) tapi apabila anda masih membutuhkannya bisa mengunduhnya disini: https://onedrive.live.com/redir.aspx?cid=0da58d5e55c294ea&resid=DA58D5E55C294EA!14116&parId=DA58D5E55C294EA!14115&authkey=!AHLVjYEIQwv52LQ

Semoga bermanfaat. 🙂

17 pemikiran pada “Satu langkah instalasi lengkap runtime Windows”

  1. siang pak chandra
    saya install all in one runtime (udah restar) terus install PS CC 2017 keluar : the program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-I1-1-0.dll is missing from your computer.
    mohon solusinya pak
    terima kasih

  2. Mas OOT, klo “unable to start correctly 0xc0000005” gmana ya saya main PS 2 emulator di windows 10, sblum upadate lancar aja. stlah itu jdi ada bacaan itu. pernah saya utak atik bisa, tpi pas besok nya saya buka ada bacaan itu lagi, mohon pencerahan nya mas.

Tulis komentar...