Jetpack Photon: Layanan CDN gratis untuk WordPress

Sudah sering saya membahas berbagai macam layanan CDN gratis baik untuk digunakan secara manual maupun dipasangkan pada CMS (Content Management System). Kalau anda menggunakan WordPress maka anda bisa mencoba menghemat konsumsi bandwidth web hosting anda agar tidak muncul error 509 Bandwidth Limit Exceeded dengan menggunakan Jetpack Photon dari Automattic.

Jadi kalau anda sudah pernah membuat blog di WordPress.com dan merasakan bagaimana kecepatan aksesnya maka dengan menggunakan Photon anda bisa mendapatkan hal serupa di situs WordPress anda yang self-hosted.

jetpack-logo

Bagaimana cara mengaktifkannya di website anda? Mudah kok, anda tinggal menginstall plugin Jetpack dan Photon ini merupakan salah satu komponennya. Bisa menginstall plugin WordPress secara manual atau melalui dasbor adminnya.

wordpress-fitur-jetpack

Setelah itu bagaimana kita tahu kalau seluruh gambar dan foto yang ada sudah menggunakan jaringan CDN Jetpack Photon? Gampang, tinggal cek lokasi gambar anda sekarang dimana, bukan dari Media melainkan dari salah satu halaman posting anda. Kalau sudah menggunakan domain wp.com (contoh: http://i0.wp.com/utekno.com/wp-content/uploads/2014/07/logo.jpg) maka anda sudah berhasil.

Kesimpulannya selain anda menghemat kuota bandwidth hosting juga kecepatan loading situs anda bisa menjadi lebih cepat tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun. Jelas menguntungkan kan?

Tentunya rugi dong sudah menginstall plugin Jetpack kalau cuma memakai modul Photon, banyak fungsi – fungsi lain yang akan meningkatkan kemampuan WordPress anda. Silahkan berekplorasi. 🙂

4 pemikiran pada “Jetpack Photon: Layanan CDN gratis untuk WordPress”

    • Halo Fazan, bukan yang di link profil anda ya situs yang bermasalah? Tapi saya perhatikan di situs anda kok ada gambarnya yang dihosting ke Imgur? Layanan image hosting satu ini sering jadi langganan blokir Internet Positif mas.

      Soal Photon, kemungkinan karena masih propagasi gambarnya atau konflik dengan plugin cache WordPress atau ukuran gambar yang tidak standar.

  1. Gan, saya pakai wordpress dan sudah menggunakan plugin wp fastest cast, disana ada minify html, css, lazy load image.

    Nah, apakah tidak bentrok jika saya menggunakan jetpack ini?
    Sudah saya coba on kan, tapi di cek kecepatan malah makin lambat web nya.
    saya check juga lokasi gambar tetep di hosting, bukan cdn. Apakah saya salah setting.

    Mungkin admin bisa melihat juga, apakah ada yg crash di website saya, mungkin karena terlalu banyak menggunakan plugin.

    Owh ia maaf OOT, apakah google analytic bisa di charge, karena setelah pasang g. analytc loading web sedikit turun.

    terimakasih. salam dari newbi yang masih belum banyak tahu. mungkin pertanyaan nya juga belepotan.

    Balas

Tulis komentar...