Kenapa statusnya 0% available (plugged in)?

Menggunakan laptop yang sudah berusia biasanya akan ada tanda-tanda kerusakan yang tidak bisa dihindari. Salah satunya baterai. Kasusnya kondisi baterai sudah drop dimana full cas tapi begitu lepas kabel langsung mati. Otomatis ke Tokopedia cari penggantinya, malah dapat kasus lain lagi dimana tulisannya 0% available (plugged in).

Kalau diartikan sebenarnya simple, telah dideteksi sistem operasi Windows 10 tidak ada daya tersimpan dalam baterai tapi kabel adaptor terpasang dan mengalirkan listrik. Jadi 0% dari pertama dicas, gagal intinya. Sebelum komplain ke seller ada baiknya mencoba salah satu solusi berikut.

Baterai sudah tidak sehat

Kalau baterai lama memang ada resiko rusak atau ada yang aus pada komponen li-ion yang menyusun baterai. Sebenarnya ini bisa kita cek sendiri menggunakan aplikasi BatteryInfoView, kecil dan gratis.

Yang diperhatikan disini adalah nilai pada baris Battery Health, apapun yang dibawah 60% sudah saatnya dipertimbangkan untuk ganti baru. Kalau mau menghitung sendiri bisa melihat Designed Capacity yang merupakan angka seharusnya dan Full Charge Capacity yang maksudnya berapa angka maksimal kalau dicas sampai penuh.

Tampak sudah berkurang berdasarkan contoh diatas, kesehatannya 92.2% tapi masih termasuk wajar karena pemakaian.

Cas laptop dalam waktu lama

Ini berdasarkan dari pengalaman pribadi dengan beberapa komputer di kantor padahal dicek tampak 100% healthnya. Mungkin karena kurang arus listrik atau entah bagaimana, jadi gagal cas. Akhirnya saya tinggal dari pagi sampai sore waktu pulang dan baru terisi 47 %.

Setidaknya kabar bagus sudah bisa mengisi, dan herannya besoknya saya coba charge lagi baterainya menjadi normal. Cukup 2 jam-an sudah full. Asumsi saya butuh pancingan karena itu bermasalah.

Catatan saja, cas dalam jangka waktu lama dan tidak dipantau itu tidak disarankan. Harap selalu dalam jangkauan sehingga ada apa-apa bisa langsung diintervensi.

Cek kabel dan adaptor

Pastikan menggunakan kabel dan adaptor aslinya untuk memastikan listriknya kuat. Atau bisa sebaliknya, periksa apakah teman ada adaptor yang kompatibel dan coba pakai ke laptop anda.

Pernah kejadian dimana adaptornya “ga ngangkat” jadinya tidak bisa optimal casnya. Ini tinggal tukar saja biasanya langsung ketahuan masalahnya dimana.

Ganti baterai baru

Ya ini solusi pamungkasnya. Kalau dicek di marketplace pasti banyak yang menjual partnya, baik yang asli dan kw. Mau beli yang mana bebas sebenarnya, tapi harap cek review dari pembelinya bagaimana kualitas barang nyatanya.

Tinggalkan komentar