Kenapa trafik pengunjung turun setelah memasang CloudFlare?

Semingguan ini saya memperhatikan hasil Google Analytics dari blog teman saya, jadi kasusnya secara perlahan tapi pasti turun jumlah pengunjungnya. Tidak berkurang sampai habis, tapi bertahan di angka yang lebih rendah dengan stabil. Nah… satu – satunya perubahan yang dilakukan sebelum terjadinya masalah ini adalah pemasangan CloudFlare. Niatnya untuk mengurangi penggunaan bandwidth hosting, meningkatkan performa situs dan HTTPS gratis.

Sebelum sempat terpikir apakah ada update Google atau pinalti lain, tapi setelah saya coba – coba menerawang masalahnya apa dan secara tidak sengaja mencoba membuka situsnya dari handphone malah muncul CAPTCHA CloudFlare. Jangan – jangan…

cloudflare-captcha

Kalau disimulasikan misal kita mau mengakses sebuah website tapi muncul halangan seperti ini saya yakin pasti ada yang membatalkannya dan kembali ke Google mencari alternatifnya. Setidaknya saya pribadi seperti itu kebiasaannya, kalau terlalu repot lebih baik mundur. Dan memang saya tes secara acak dari jaringan operator seluler XL, 3, Smartfren dan Simpati memang kadang muncul halaman verifikasi tersebut, walaupun tidak pasti keluar tapi bisa dikatakan 3 dari 10 kali percobaan akan ada.

Bagaimana solusinya? Ya antara anda melepaskan CloudFlare (tidak disarankan) atau mengatur kembali tingkat keamanannya, silahkan akses dasbor CloudFlare dan pada manajemen situs anda pilih Firewall.

cloudflare-firewall-security-level

Pada setting Security Level silahkan ganti ke Low atau Essentially Off, jadi hanya pengunjung dengan identitas sangat meragukan akan dicek dengan verifikasi CAPTCHA. Sudah itu saja yang perlu dilakukan. Dari pengamatan saya beberapa hari setelah trafiknya sudah kembali normal seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Kenapa trafik pengunjung turun setelah memasang CloudFlare?”

    • Haha, trims mas Hadi. 😀 Tapi masalah CAPTCHA ini memang bisa memangkas trafik dari Google sebesar 30%an dari pengalaman. Cukup terasa efek negatifnya dan tampaknya jarang yang langsung sadar apa penyebabnya.

Tulis komentar...