Kenapa muncul CAPTCHA CloudFlare?

Sejak saya berpindah dari Telkom Speedy ke Innovate kadang saat mengakses website akan muncul halaman CAPTCHA milik CloudFlare dan ini akan perlu dilakukan setiap 1 jam pada alamat situs yang sama. Masalahnya sekarang sudah banyak website yang memakai CloudFlare untuk melindungi konten dan mempercepat aksesnya, jadi pada setiap situs kita perlu mengisikan CAPTCHA berulang kali. Repot bukan?

Jadi singkatnya CloudFlare menganggap pengunjung (anda) bukanlah manusia dan ingin memverifikasinya dengan mengisikan kode CAPTCHA. Darimana mereka mendapatkan data kalau anda adalah spammer, bot atau penyebar malware? CloudFlare akan menganalisa alamat IP anda di Project Honeypot, kemudian mengecek menggunakan browser apa, dan bagaimana perilaku mesin yang anda gunakan saat itu.

cloudflare-captcha

Terus bagaimana cara mengatasinya? Nah… jujur saja posisi kita sebagai pengunjung situs cukup lemah dan terbatas. Anda bisa melaporkan ke pemilik website bahwa ada kesalahan dan alamat IP yang sedang digunakan telah diblokir CloudFlare. Tapi ini jarang direspon dan ditindaklanjuti. Solusinya dan memang yang paling mudah adalah mendapatkan alamat IP baru, ini bisa dengan restart modem atau koneksi ulang data seluler.

Hal diatas lebih sering terjadi dibandingkan pemilik website memblokir negara Indonesia, alamat IP anda, atau memicu peraturan yang telah ditetapkan pada firewall aplikasi web milik CloudFlare. Kalau ini jelas solusinya hanya bisa dari pihak yang memasang. Oh ya, alasannya juga mirip dengan munculnya CAPTCHA di Google.

14 pemikiran pada “Kenapa muncul CAPTCHA CloudFlare?”

    • Halo Tia, ini pengaruh maksudnya seperti apa ya mbak? Yang pasti dari sisi pengunjung ya sering terhalang aksesnya karena dicek dulu apakah benar manusia atau bot. Dari sisi pemasang/pemilik website akan mengamankan trafik dari pengunjung yang tidak valid.

    • Halo Wahib, kalau pakai VPN buat akses situs yang dilindungi CloudFlare malah besar kemungkinan kena CAPTCHA mas.

    • Halo Bella, dari CloudFlare? Yakin JavaScript di browsernya sudah aktif mbak? Butuh ini soalnya untuk menampilkan CAPTCHAnya.

    • Ya cuma bisa notifikasi ke pemilik websitenya supaya diwhitelist ip anda. Ini soalnya berpengaruh ke seluruh konten dalam websitenya.

Tulis komentar...