Pengalaman klaim garansi V-GEN

Halo, mungkin anda memilih produk dari VGEN alasannya sama karena harganya lebih murah dari merek lain. Saya sudah pakai beberapa SD card V-GEN, dari 16GB sampai 128GB. Dan ada garansi seumur hidup untuk beberapa jenis barangnya. Otomatis merasa agak aman misal ada masalah kan?

Jadi saat saya ingin mengganti harddisk di laptop ke SSD (OOT, recommended banget karena semuanya jadi kencang), ya setelah membandingkan beberapa merek akhirnya milih V-GEN lagi. Ambil yang 240GB SATA3 seharga 450 ribuan di Shopee.

hd sentinel ssd vgen badsector

Awal mula masalah SSD VGEN

Singkat cerita saya pasang di laptop, awal-awalnya sih normal saja. Untungnya dalam komputer sudah terinstall aplikasi HD Sentinel yang bisa dipakai memantau kinerja dan usia perangkat storage. Saya perhatikan sudah ada bad sector, dan parahnya setiap hari bertambah. Otomatis dari hijau, ke kuning healthnya.

Dan hanya dalam 2 minggu valid spare SSD saya (100 buah cadangan), habis dan segera masuk ke zona merah. Ya jelas kelabakan, dan benar saja perlahan tapi pasti saya susah masuk booting Windows 10. Sejak saat itu saya tidak berani mematikan laptop.

Cari alamat dan prosedur klaim VGEN

Setelah googling alamat cabang, saya mengurusnya di VGEN Memory Service Center Malang, di wilayah Universitas Merdeka Dieng.

vgen service center malang

Tentu saja pada waktu yang sama saya ingin tahu bagaimana caranya klaim garansi V-GEN. Ternyata syaratnya mudah:

  1. Bawa perangkatnya yang bermasalah ke kantor cabangnya di kota anda. Ya micro SD card, RAM, SSD atau apapun besutan pabrikan ini.
  2. Sampaikan saja ingin klaim garansi. Asalkan stiker di barangnya masih ada, dan memang barang original maka saat itu juga akan langsung ditukar. Saya cuma 5 menitan di tempat.
  3. Sekian.

Apakah perlu kardus/kemasan barangnya? Dari pengalaman ternyata tidak usah, tetap akan diproses normal oleh VGEN. Mungkin yang pernah beli SD card tahu bahwa di kemasannya akan dipotong di sudutnya, jadi was-was beneran bisa tidak.

Cepat dan mudah

Kemungkinan saya dapat yang cacat produk/defect, ga menyalahkan V-GEN karena proses klaim garansinya sendiri cepat dan tidak berbelit-belit. Dan katanya walau ini sudah klaim garansi, misalkan ada kerusakan atau masalah selama masih dalam garansi (SSD 3 tahun) bisa diajukan lagi. Lega dan percaya deh.

Oh ya, yang di kotanya belum ada service center V-GEN bisa mengirimkan barangnya ke kantor pusatnya. Ongkos kirim bolak-balik ditanggung sendiri tapi. Ini solusi terakhir kalau misal di tempat anda membeli tidak mau membantu.

Update garansi SSD lagi

Sedikit update, saya melakukan klaim garansi kembali untuk SSDnya pada tanggal 3 Agustus 2020. Kasusnya agak beda, yakni dimana suhu SSD saat idle/tidak digunakan bisa mencapai 50-60 derajat Celcius. Apalagi waktu digunakan bisa 70+.

Tidak berhenti disana, lama-kelamaan health SSDnya turun dan waktu saya garansikan kembali itu sudah tinggal 70%an. Tidak ambil resiko saya pilih diproses saat itu juga.

Asumsi saya seperti sebelumnya, ternyata ada kendala tipe SSD saya stoknya kosong. VGEN 240GB SATA3. Disuruh menunggu, nanti akan dihubungi adminnya via WhatsApp.

Tanggal 6nya saya inisiatif menanyakan, dan ternyata barang saya sebelumnya diretur dulu. Kabar gembiranya sudah bisa diambil di kantornya.

whatsapp chat garansi vgen

Saat saya datang ke lokasi, ternyata ditukar dengan SSD kapasitas 256GB karena milik saya yang rusak sudah tidak diproduksi lagi. Ya.. dikatakan untung juga bisa, tapi kalau diingat rugi waktu dan repot backup data ya ga juga.

Tapi yang penting sekarang sudah sehat. Oh ya, kalau barangnya tidak bisa diklaim saat itu juga seperti saya yang meninggalkan SSDnya. Nanti akan diberi nota/kwitansi, ini wajib dibawa kemudian sebagai buktinya.

Klaim warranty SD Card

Ini tambahan cerita saja, soal proses klaim garansinya sama persis dengan pengalaman saya diatas. Saya pakai micro SD card dari VGEN alasannya sama, ada service centernya di kota saya.

Kebetulan saya ada 2 buah SD card VGEN Turbo 64GB, beli dari flashsale JD.id dan keduanya saya baru sadar ada masalah saat sebagian file dan data saya hilang. Yang satu nama file dan foldernya ada tapi tidak bisa dibuka, yang satunya malah lenyap.

Walau saya klaimnya bersamaan, tapi pemakaiannya menggantikan yang lama. Niatnya dari 32 GB Sandisk ke 64 GB, ternyata error. Ya saya gantikan ke cadangan sd card satunya yang 64 GB juga.

Saat saya datang ke kantornya, ga perlu komplain sih. Tinggal bilang mau tukar baru, kan seumur hidup. Tidak lama diberikan yang baru, tapi tanpa kemasan. Loose pack gitu.

Sekarang semuanya sehat dan tidak ada masalah.

4 pemikiran pada “Pengalaman klaim garansi V-GEN”

    • Hardware Model ID maksudnya mas? Ini saya sudah ganti baru hasil klaim garansi yang saya ceritakan diatas. Ini mas: V-GEN05SM19EG240GBIT.

      Sekalian mau nambahin. SSD VGEN yang pertama saya beli itu masalahnya seperti diatas tapi suhunya normal saat idle. Yang sekarang setelah digaransikan, suhunya pas idle minimal 50 Celsius. Diatas normal, dan kadang bisa 60 lewat waktu buat nonton dan ngegame.

      Dan sejak saya nulis pengalaman klaim garansi VGEN ini, saya sudah klaim 2x untuk microSD 64GB, kebetulan punya 2 saya. Yang pertama speednya sangat rendah dan secara random banyak file/folder yang hilang. Untung sudah saya backup sebelumnya. Sedangkan yang kedua kali, malah bad sector atau korup filenya.

      Tapi sd card yang 32GB dan 16Gb dari VGEN ga pernah masalah. Saya jadi agak ragu akan kualitasnya untuk kapasitas yang besar, walau garansinya asli gampang tapi kalau sering terpakai kan jadi buang waktu dan tenaga juga. Akhirnya saya beli SD card Samsung EVO untuk jadi utama, yang 64GB dari VGEN saya pasang di dashcam.

      Mungkin kebagian batch produksi yang ga bagus, atau quality controlnya yang teledor.

  1. Untuk skrg sudah tidak rekomen lagi vgen karena service centernya sangat sangat lama responnya.

    Klaim garansi ram sampai 1 minggu, itupun harus datang kekantornya baru bisa diambil.

    Sudah kecewa sama vgen

    Balas

Tinggalkan komentar