Lupa password Yahoo?

Awal – awal saya mengenal internet ya dikenal cuma chatting lewat mIRC dan email pasti memanfaatkan Yahoo. Karena hal ini sudah lewat 10 tahun dan jarang digunakan membuat saya lupa ini password Yahoo saya apa saat ganti laptop. Haha. 😀 Solusinya ya terpaksa reset password.

Sebenarnya tidak susah prosesnya, tapi membutuhkan data pembuat akun yang akurat. Teman saya ada kasus akun Yahoonya “dihack” orang dan diganti kata sandinya, mengatasinya ya sama reset. Langkah pertama silahkan akses link Forgot Password kemudian isikan apa alamat email/username Yahoo! anda dalam kotak yang disediakan dan klik Submit.
yahoo-password-helper

Misal di akun tersebut sudah ditambahkan nomor handphone maka akan diberikan solusi untuk verifikasi lewat kode unik yang dikirimkan lewat SMS. Kalau nomor yang terdaftar tidak bisa anda akses atau sudah tidak aktif maka klik No, I can’t receive a text.

yahoo-password-helper-mobile-phone

Alternatifnya adalah lewat email cadangan dan mirip dengan solusi lewat nomor hp nanti akan dikirimkan kode verifikasi ke alamat email yang sudah terdaftar. Misal ada juga tidak memiliki akses ke alamat email tersebut maka lanjutkan dengan klik No, I don’t have email access.
yahoo-password-helper-secondary-email

Nah… ini sudah solusi terakhir, yaitu lewat menjawab pertanyaan keamanan yang dulu anda buat saat registrasi akun Yahoo. Kalau ini anda sudah lupa atau mengisinya asal – asalan… ya repot nantinya.
yahoo-password-helper-verify-your-identity

Kalau sukses nanti anda akan diminta mengisikan apa kata sandi barunya, selesai.

Tambahan: Misal anda lupa apa alamat email anda maka bisa klik pada link “I don’t know my Yahoo email address” tepat dibawahnya pada form paling awal tadi. Esensinya masih sama, anda harus hapal data – data Yahoo yang diisikan dulu untuk memulihkan akses ke email anda.

6 pemikiran pada “Lupa password Yahoo?”

  1. Bagaimana sukses resetnya? karena banyak pelanggan kami di pusathosting yg menggunakan gmail dan yahoo juga kena hack emailnya.

    Terakhir pada minggu lalu awal desember 2015 ada 1 orang tergesa-gesa ingin mendisable setting custom domain blogspotnya disebabkan akun emailnya terhack.

    Mungkin si hacker sudah merubah isi website bloggernya tersebut.

    Saya beberapa kali menyarankan untuk menggunakan email dengan nama domain sendiri, supaya kalau kena hack provider hosting bisa membantu meresetkan dengan cepat.

    Karena di hosting sendiri yang disimpan bukan hanya data nama, email dan hp tapi banyak data.

    Misalnya, Bisa saja data norek yg digunakan untuk pembayaran tagihan terakhir.

    atau histori sms

    atau histori kontak whois domain

    dan banyak hal.

    Balas
    • Sukses mas Hadi, pokoknya masih memiliki akses ke:
      1. Nomor handphone yang sudah didaftarkan.
      2. Alamat email cadangan.
      3. Kalau terpaksa baru security questions.
      Esensinya seperti ini.

      Misal nomor handphone sudah hilang atau tidak aktif, dan tidak ada email cadangan juga lupa jawaban pertanyaan keamanan ini yang repot. Harus kontak support Yahoo dulu dan mengikuti petunjuknya, tidak ada jaminan berhasil.

      Lebih baik lagi disarankan pakai 2 Factor Authentication mas. Jadi kalau ingin login harus memasukkan kode unik yang dikirimkan lewat SMS ke handphone. Walau si hacker tahu apa passwordnya tetap saja percuma, kecuali hpnya ikut dicuri. Hehe. 🙂

  2. Sebetulnya ada cara terakhir si mas, hubungi CS Yahoo 🙂
    saya udah pernah nyoba dan sukses asalkan daftar pakai data sebenarnya jadi pas ditanya tanggal lahir, no telp bener semua dan dikasih password sementara 🙂
    Tapi kalau data yg kita kasih salah biasanya mereka ga bales atau disuruh coba reset & baca help 🙂

    Balas
    • Betul kalau sudah lupa alamat email cadangan atau nomor handphonenya sudah tidak aktif ya terpaksa lewat CS, tapi harus benar – benar akurat datanya kalau tidak ya sama saja bohong. Agak sulit biasanya kalau lewat metode ini, apalagi seringnya orang membuat email ngasal isinya.

  3. saya sudah tidak menggunakan email yahoo sejak beberapa tahun terakhir ini, namun karena ada suatu data yang penting saya akhirnya login kembali, tetep bisa masuk namun saya di minta untuk memasukan nomor telepon yg lama permasalahnya muncul mana kala saya sudah tidak menggunakan nmor tsb, dan saya sudah bbr kali login namun tetep saja tidak bisa. Apakah ada solusi untuk mengatasi permasalahan ini..t hnx

    Balas
    • Gunakan alamat email bisa kok mbak, kontak ke support Yahoo dan nanti kita akan diberi pertanyaan seputar akunnya. Mulai dari kapan dibuatnya, pertanyaan rahasia, email yang dikirimkan terakhir dan sebagainya.Dijawab seakurat mungkin. Tidak ada jaminan berhasil tapi cuma ini solusi terbaiknya.

Tulis komentar...