Melihat aplikasi yang memberatkan Windows 10

Apakah saat menghidupkan komputer saat loading Windows 10 terasa lambat? Sudah masuk desktop juga masih ada loading lagi? Bisa jadi terlalu banyak program yang aktif saat startupnya, solusinya sederhana kita matikan yang tidak perlu. Tapi karena banyak aplikasi yang aktif sebaiknya kita batasi yang mana?

Kali ini saya ingin memberikan sebuah tips untuk mengetahui daftar program yang dipanggil dan dijalankan Windows 10 saat proses masuk ke desktopnya. Bukan hanya daftar nama prosesnya saja tapi kita akan tahu pengaruh dan berapa waktu yang ditambahkan jadinya.

Pertama silahkan panggil Task Manager (CTRL+SHIFT+ESC) dan pindahkan ke tab Startup. Setelah itu klik kanan pada judul kolomnya dan pilih CPU at Startup. Maka tampilannya akan seperti diatas. Selain kita jadi paham efek dari setiap aplikasi yang ada dalam daftar (High berarti cukup berat) dan berapa lama waktunya dalam satuan ms (1000ms = 1 detik).

Selanjutnya anda tinggal menonaktifkan proses startup dari software yang anda rasa tidak penting atau diperlukan saat pertama kali Windows aktif.

Tulis komentar...