Memahami “Enscape encountered an error during rendering. It is using your GPU from Intel”

Advertisements

Kawan saya adalah arsitek dan wilayah kerjanya di kabupaten. Karena disana toko komputer jauh, akhirnya kirim pesan WhatsApp yang saat menjalankan aplikasi Enscape3D ada masalah “Enscape encountered an error during rendering. It is using your GPU from Intel”.

Walau saya baru pertama kali tahu ada program ini, tapi dari membaca pesan kesalahannya jelas disebabkan kartu grafis. Dan saya pastikan setelah tahu Enscape ini aplikasi apa.

Disini saya memberi judul memahami bukan mengatasi, karena solusinya bukan dari sisi software yang bisa diinstall atau update. Ini memang keterbatasan hardware.

Advertisements

Ya, anda perlu upgrade GPU kalau pakai PC, atau ganti laptop karena VGAnya terintegrasi.

Saya ingatkan dulu apa spesifikasi minimal Enscape3D:

Minimum Requirements
Operating SystemWindows 7 64 Bit or higher
On MacOS, Windows installed via Bootcamp
Graphics CardNVIDIA or AMD GPU with 2GB VRAM
Supports OpenGL 4.4
NVIDIA GeForce GTX 660/Quadro K2000 and newer
AMD Radeon R9 270/FirePro W5100 and newer
The latest available drivers or at least our recommended drivers
VRAM2GB VRAM

Speknya bisa lebih tinggi daripada game yang berat grafisnya. Bahkan yang direkomendasikan bisa 2x lipat dari diatas, apalagi pakai VR.

Karena laptop teman saya juga terhitung jadul, usianya 5 tahun lewat. Tampak jelas speknya sudah tidak mendukung dan perlu dimodernkan.

Tapi setidaknya ada 3 hal yang bisa dicoba: Kurangi kualitas render dan screenshot. Juga update versi drivernya apabila bisa.

Advertisements

4 pemikiran pada “Memahami “Enscape encountered an error during rendering. It is using your GPU from Intel””

  1. Saya mengalami sekarang ini, spek kom sdh sesuai, awal2 instal bisa di pakai render dengan sempurna dapat beberapa gambar, langsung eror PC..akhirnya instal ulang dan mulai instal lagi enscape nya, eh malahan ngk ada penampakan objek (bayangan).

    terus sy un instal…selanjutnya sy instal terus berulang2 hasilnya ngk bisa d instal..selalu di arahkan ke windows … emang sy liat ini aplikasi extensinya di anggap virus…ada yg bisa berikan solusikah ?

    bisa bantu saran di email ku [email protected]

    Balas

Tinggalkan komentar