Membayar biaya kuliah Universitas Merdeka Malang

Last Updated on Maret 14, 2021

Keponakan saya menempuh kuliah di Universitas Merdeka Malang dan jelas bulan ini memang libur tapi juga persiapan semester baru. Salah satu persyaratan wajibnya ya melunasi biaya kuliahnya. Istilah di unmer itu Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP).

Apapun istilahnya, tujuannya ya sama kita bayar uang kuliah. Keponakan saya kena tagihan Rp. 2.372.500 totalnya, katanya ini untuk 24 SKS dan sudah dipotong Rp. 500.000 karena masih online pengajarannya.

Cek tagihan kuliah Universitas Merdeka Malang

Kalau anda sebagai orang tua atau wali seperti saya pamannya ingin mengecek sendiri tagihan juga pembayaran BPP unmer, bisa melihat pengalaman singkat berikut. Sebenarnya mudah.

Pertama login ke akun mahasiswa unmer disini: http://siakad.unmer.ac.id/frontakademik/gate/index.php?page=menu

Perhatikan jenis tagihannya apa sudah benar dan pembayaran melalui. Ada pilihan Tokopedia dan Bank.

Catatan saja, saat saya menulis ini memilih Tokopedia malah error (Pemrosesan transaksi pembayaran gagal), jadi saya ambil transfer bank karena sudah dekat tenggat waktunya.

Kemudian klik Proses Transaksi.

Pembayaran biaya kuliah Universitas Merdeka Malang

Apabila sudah terkonfirmasi, klik tombol Daftar di sebelahnya. Ini akan menampilkan petunjuk pembayarannya. Disini saya memilih BNI dan bisa dilihat muncul nomor rekening Virtual Account. Catat nomor VAnya.

Jika anda seperti saya yang tidak punya rekening tabungan BNI, maka jelas ini transfer antar bank. Bisa langsung anda kirimkan, atau ingin menghemat fee transfer Rp. 6500 bisa gunakan aplikasi seperti Flip.id.

Terserah anda pilih yang mana, dan proses verifikasinya instan. Tapi pastikan tidak salah kirim juga, perhatikan nama rekening VAnya akan tercantum nama mahasiswa-mahasiswa yang bersangkutan.

Setelah proses transfer

Silahkan klik Cek Status Pembayaran, kalau sudah terdeteksi dana masuk ke VA maka akan terupdate menjadi Lunas warna hijau.

Agak telat, tapi rinciannya juga bisa dicek disini:

  1. Rp. 2.120.000 untuk Pembayaran BPP per semester.
  2. Rp. 250.000 untuk Her Registrasi. Daftar ulang semester maksudnya.
  3. Rp. 2.500 untuk fee administrasi transaksi bank.

Demikian cara membayar biaya kuliah di Unmer Malang. Semoga lancar belajarnya di kampus dan mendapatkan IPK bagus. 🙂

Tinggalkan komentar