Memperbaiki 403 Forbidden pada penggunaan MaxCDN dengan CloudFlare

Bagi pemilik website yang ingin memaksimalkan kecepatannya maka penggunaan CDN layak dipertimbangkan dengan serius. Layanan CDN gratis seperti Incapsula atau CloudFlare sendiri cukup terasa bedanya hanya dengan mengaktifkan layanan mereka pada situs anda. Apalagi kalau dikombinasikan dengan MaxCDN untuk menyediakan konten statis website anda, ini bisa css, javascript, gambar, dokumen dan file – file lainnya.

Sayang perkawinan antara dua layanan CDN (CloudFlare dan MaxCDN) yang saya gunakan kadang bermasalah. Awalnya saya tidak bisa menyelidiki dimana masalahnya kenapa seluruh gambar, css, js dan file apapun yang bukan html pada situs uTekno tidak bisa muncul. Saya sudah melakukan Clear all cache pada W3 Total Cache, menjalankan Purge Cache pada MaxCDN dan CloudFlare tapi tetap saja tidak bisa memperbaikinya.

wordpress-performance-purge-cdn-completely

 

Akhirnya saya cek menggunakan development tools milik Google Chrome apa yang sebenarnya terjadi, dan… ternyata seluruh file saya yang berada di jaringan MaxCDN mengembalikan status 403 Forbidden. Wah… jelas saja tidak bisa diakses karena kita tidak memiliki hak. Anehnya ini terjadi secara mendadak tanpa ada perubahan setting sama sekali baik pada WordPress, W3 Total Cache, MaxCDN ataupun CloudFlare.

Yang pasti kita sedang mencari cara mengatasinya bukan? Anda bisa melakukan beberapa solusi sementara berikut sambil mencari cara pasti memperbaikinya:

  1. Matikan integrasi MaxCDN. Ya, ini yang pertama kali saya lakukan dan memang setelah itu website saya bisa diakses dengan normal.
  2. Matikan CloudFlare. Ini juga saya coba lakukan, yaitu MaxCDN aktif dan saya pindahkan kendali DNS domain saya ke Hurricane Electric pada layanan DNS hosting gratisnya. Kemudian mengupdate data DNS record (NS, A, CNAME, dan sebagainya) yang ada langsung ke hosting. Dan memang juga berjalan normal.

Tapi kalau dimatikan salah satu tentu bukan solusi yang kita inginkan bukan?

Sekalian saja saya beritahukan bahwa support dari MaxCDN sangatlah membantu penyelidikan dan senantiasa menanyakan apakah sudah berhasil atau belum. Jadi kita tidak ditelantarkan. Kualitas support dari CloudFlare juga tidak kalah, cuma agak sedikit lama saja jawabannya.

Dari support MaxCDN mengatakan bahwa CloudFlare ternyata melakukan blacklist atau blokir pada alamat IP milik MaxCDN sehingga kita tidak bisa mengaksesnya. Inilah yang menyebabkan error 403 Forbidden tadi.

maxcdn-support 403-forbidden

Solusi yang ditawarkan mereka adalah dengan memasukkan daftar IP address milik MaxCDN kedalam whitelist di CloudFlare.

maxcdn-support-ip-whitelist

Sayangnya memang saya yang kurang ahli atau memang bagaimana, di akun CloudFlare saya cuma ada Threat control untuk melakukan blacklist atau whitelist IP, dan memang saya masukkan disana. Hasilnya? Tetap sama saja tidak bisa digunakan.

Akhirnya tim support MaxCDN membantu saya dengan memindahkan cluster CDN untuk uTekno ke tempat lain, ini berarti CDN untuk situs saya akan mendapatkan IP baru. Hasilnya? Lancar jaya kembali normal. 😉

maxcdn-support-cluster-moved

Status 403 Forbidden ini sudah terjadi dua kali pada uTekno, dan solusi yang berhasil memperbaikinya cuma dengan memindahkan cluster dari CDN saya. Dari pihak MaxCDN sendiri menyarankan untuk menghubungi support CloudFlare untuk melakukan whitelist IP milik mereka, sudah saya lakukan tapi tampaknya dipertimbangkan.

Yah… semoga hal ini tidak terjadi kembali. 🙂

Tulis komentar...