MaxCDN: Layanan CDN terbaik

Setiap orang tentu ingin websitenya dapat dibuka dengan sangat cepat, selain ini akan membuat pengunjung situs atau blog betah juga sekarang Google telah memperhitungkan kecepatan loading website dalam perhitungan peringkat hasil pencariannya. Kesimpulannya tidak ada salahnya menggunakan berbagai macam cara untuk meningkatkan kecepatan loading website, salah satunya adalah penggunaan CDN seperti MaxCDN.

Content Delivery Network adalah layanan dimana setiap file akan disebarkan (hosting) di seluruh server milik providernya (seperti MaxCDN) dan setiap pengunjung akan otomatis mengakses file tersebut dari lokasi yang paling dekat secara geografis. Dimana saja lokasi nodenya? MaxCDN telah memiliki jaringan di setiap benua dan lebih dari 1 titik tersedia pada masing – masing tempat, ini menjamin ketersediaan akses selalu ada dan kecepatannya bisa diandalkan.

maxcdn-global-network-map

Apa saja keuntungan menggunakan MaxCDN? Inilah alasan saya memasang MaxCDN disini:

  • Kecepatan – Tidak banyak pertimbangan, hanya dengan mengaktifkan MaxCDN maka website akan semakin cepat loadingnya. Ini pun tanpa perlu optimasi lebih lanjut, jadi hanya dengan memasang CDN saja akan otomatis terlihat perbaikannya. Cek saja dengan Pingdom untuk analisa performa situs anda.
  • Beban kerja server – Karena file – file media dan yang didukung dialihkan ke jaringan CDN ini menyebabkan beban kerja server hosting berkurang jauh. Dulu sewaktu masih di shared hosting sering sekali muncul halaman kosong atau pesan kesalahan “500 Internal Server Error” diakibatkan kewalahan melayani pengunjung. Silahkan diuji menggunakan Load Impact untuk mengetahui batas kemampuan server hosting anda.
  • Bandwidth – Dengan menggunakan MaxCDN maka konsumsi kuota bandwidth hosting anda akan berkurang jauh, kalau tidak maka jangan kaget kalau sering bertemu “509 Bandwidth Limit Exceeded“.
  • Harga – Oke, menambahkan MaxCDN tentu membayar tapi seiring dengan meningkatnya pengunjung malah akan terasa murah harganya. Apalagi layanan CDNnya sangatlah berkualitas dan performanya tinggi.
  • Pengunjung – Karena kecepatan situs meningkat ini akan membuat pengunjung betah untuk membaca tulisan dan melihat – lihat artikel lainnya. Bounce rate juga akan turun nantinya.
  • SEO – Semakin mudah dan cepat situs anda dibuka maka skor anda di mata Google akan semakin baik. Kata Google sih kalau suatu halaman website susah diakses entah lambat atau sering down maka informasinya menjadi kurang berguna, dengan informasi ini dan fungsi CDN yang telah saya jabarkan sebelumnya maka otomatis faktor Search Engine Optimization situs anda akan semakin baik dibanding pesaingnya.

Anda dapat melihat laporan penggunaan MaxCDN di dashboardnya, yang akan memberikan statistik konsumsi dan file paling populer. Persentase file yang diambil dari CDN daripada web hosting anda juga akan ditampilkan.

maxcdn-reporting

Saya sendiri sejak mengaktifkan MaxCDN disini merasa sangat puas atas kualitas CDNnya dan cepatnya pertanyaan saya dibalas dan diatasi oleh support mereka. Makanya saya berani mengatakan bahwa MaxCDN adalah provider CDN terbaik yang pernah saya gunakan.

10 pemikiran pada “MaxCDN: Layanan CDN terbaik”

    • Halo Iqbal, untuk MaxCDN per GBnya 6 sen USD mas. Kurang lebih per bulan 4-5$ habisnya. Kombinasikan dengan CloudFlare untuk menekan biaya lebih rendah. 🙂

  1. MaxCDN ini 1 akun hanya utk 1 website atau bisa juga untuk beberapa website dalam 1 akun ?

    Harga MaxCDN per GB yg 6 sen itu untuk bandwith asia pasifik 151TB-350TB bukan ya ?

    Balas
    • Halo, bisa beberapa website dalam 1 akun mas. Hitungannya itu bandwidth, jadi yang menggunakan memang bisa lebih dari satu. Untuk bandwidth, defaultnya itu regional North America. Juga merupakan yang paling murah.

      Oh ya, yang anda lihat tampaknya tarif Pay As You Go atau ikut jumlah penggunaan, ini bisa mahal atau murah tergantung pemakaian anda juga. Alternatifnya ada tarif flat per bulan tergantung bandwidthnya: https://www.maxcdn.com/pricing-payg/

  2. MaxCDN per GBnya 6 sen USD mas. Kurang lebih per bulan 4-5$ habisnya.
    ——–
    Sy lihat di https://www.maxcdn.com/pricing-payg/ harganya $9 utk bandwith 100 GB per bulan

    Tapi utekno biayanya bisa 4-5 per bulan, kok bs lebih murah ya gan?

    Lalu misal ambil paket 2 zone (asia pasifik & amerika utara), trus ada pembaca di luar zone kontrak (misal australia). Nah pembaca australia akses web kita tanpa CDN atau bgm ?

    100gb
    bandwidth/mo
    2
    websites
    (zones)

    Balas
    • Oh untung anda tanyakan, ternyata di billing masih kena tarif lama mas.

      Nanti tetap dilayankan kontennya lewat CDN tapi diambil yang paling cepat dari zone yang ada, otomatis kok.

  3. Gan, kalau ambil paket maxCDN yang $9 utk bandwith 100 GB. Tapi pemakaian website cuma 70 GN, apa harus tetap bayar $9 ? Lalu bgmn jika pemakaian lebih dr 100 GB sementara paket yg diambil cuma 100 GB, jadi kehabisan bandwith apa nantinya gambar2 nya ga bisa di load di web atau bgm ? thanks

    Balas
    • Halo Antoni, iya mas akan hangus sisanya. Mirip sistem kuota data seluler. Kalau lebih dari kuota yang diberikan akan kena charga 8 sen USD untuk 1 GBnya. Jadi tidak terlalu mahal juga. Tidak dimatikan mas kalau sudah lewat kuota.

Tulis komentar...