Memperbaiki brightness di Windows

Ada hal yang membingungkan yang sempat saya alami saat mencoba memperbaiki laptop teman yang setting slider brightness yang tidak muncul di Windows 7. Jadi teman saya ingin meningkatkan tingkat kecerahan layar (brightness) karena terlalu gelap saat dipakai, prosedur yang mudah ini malah menjadi sulit karena adanya masalah yang tidak terduga.

Sewajarnya kita bisa mengaksesnya melalui icon power di taskbar kanan bawah (system tray) dan kemudian memilih Adjust screen brightness, dan akan muncul jendela Power Options. Nah tepat di bagian bawah jendela ini seharusnya akan ada slider yang bisa digeser untuk mengubah tingkat terang monitor.

windows7-power-options

Inilah yang tidak ada, sehingga kita tidak bisa mengatur setting brightness Windows.

Windows Mobility Center

Dari pengalaman saya sebelumnya ini biasanya adalah glitch didalam sistem operasi Windows dan bisa bermacam – macam penyebab error ini. Tapi sebelum kita terlalu jauh mencoba memperbaikinya silahkan anda tekan tombol Windows+X, akan muncul Windows Mobility Center. Dalam jendela ini anda akan menemukan berbagai macam konfigurasi untuk beberapa fitur didalam Windows dan brightness merupakan salah satunya.
windows-mobility-center

Silahkan ubah slider pada Display brightness sesuai dengan keinginan anda. Ini bisa menjadi solusi kalau anda tidak ingin repot – repot mencoba mengatasi masalah brightness di Windows, dan slider untuk menyesuaikan brightness di Power Options akan tetap hilang kalau dibiarkan.

Install ulang driver graphic card

Kadang masalah ini disebabkan oleh driver dari VGA komputer kita mengalami kerusakan atau korup filenya. Silahkan anda download dan install dari versi terbaru driver kartu grafis anda. Saya sarankan sebelumnya untuk menghapus secara bersih dahulu drivernya memakai Display Driver Uninstaller baru anda melakukan proses instalasinya.

display-driver-uninstaller

Misal yang anda ingin perbaiki adalah untuk laptop maka jangan download dari situs pembuat GPUnya, melainkan harus dari situs pembuat laptop anda. Singkatnya kalau mereknya ASUS ya ke situs resmi ASUS, Dell ke situs resmi Dell, Lenovo ke situs resmi Lenovo, dan sejenisnya.

Hapus driver monitor yang aktif

Solusi alternatif untuk mengatasi lenyapnya setting brightness Windows adalah dengan menghapus driver yang dipakai untuk monitor. Kita perlu mengakses Device Manager, cara cepatnya adalah dengan memanggil run dialog (Windows+R) dan mengetikkan perintah devmgmt.msc kemudian ENTER.
windows-7-run-devmgmt-msc

Akan muncul daftar hardware yang terpasang dalam komputer anda, silahkan buka bagian Monitors dan pada nama monitor yang muncul (umumnya Generic PnP Monitor, Digital Flat Panel dan sebagainya) klik kanan kemudian pilih Uninstall.
windows-7-device-manager-hardware-context-menu

Kalau sudah maka klik tombol Scan for hardware changes pada toolbar Device Manager atau bisa juga mengakses opsi ini melalui klik kanan pada icon monitor yang sudah berubah menjadi tanda tanya kuning menandakan hardware tersebut terdeteksi tapi Windows tidak memasang drivernya.

Yang sedang kita lakukan ini adalah menghapus driver monitor yang sedang digunakan Windows dan kemungkinan menjadi penyebab masalah ini. Setelah itu Windows akan berusaha menginstall ulang driver yang cocok, kadang dengan proses ini akan berhasil memperbaikinya.

Semoga membantu. 🙂

80 pemikiran pada “Memperbaiki brightness di Windows”

  1. Tpi gan di windows+R juga ga ada,, adjust juga ga ada,, dan driver nya juga tnda seru kuning,, dan di screen resolution nya juga ga ada merk vga nya,,
    Lalu saya tdikk bisa mngatur kecerahanya gan

    • Halo Nopi, ini laptop merek dan tipenya apa ya mas? Kalau masalahnya bukan dari Windowsnya tapi anda belum melengkapi drivernya.

    • Halo Kurniaty, tergantung setting warna layarnya mbak. Laptopnya apa ya mbak? Suda utak atik contrast, brightness, color dan semacamnya?

  2. kalau monitornya di device menanger ngga ada gimana ?
    soalng sudah scan for hardware tapi tetap aja ngga ada. itu gimana mas Caranya ?

    • Halo Joseph, ini monitor sendiri atau di laptop mas? Boleh tahu merek dan tipenya? Sudah coba install ulang driver VGA?

    • Halo An, sudah install driver VGAnya? Kalau tidak bisa diubah berarti Windows tidak bisa mengakses hardwarenya.

    • Sudah mas, nah kalau tidak bisa akses hardware itu kenapa ya? apa ada faktor lain yg selain driver VGA yg belum terinstall?

  3. Halo gan. Saya sudah scan for hardware changes, tapi pas mau auto install selalu fail. Kenapa ya? Merk Laptop saya Toshiba

    • Ya diinstall mas drivernya. Ini malah salah satu langkah penting supaya PC/Laptop bisa maksimal performanya.

  4. hallo gan , terimakasih untuk informasi nya, tetapi saya sudah coba saran dari agan tapi kontras tidak berubah , masih sama seperti awal, PC yang saya gunakan merk HP Pavilion 18, jadi saya bingung untuk merubah nya karna dari fisik nya pun idak ada tombol Mode hanya tombol power saja, dan biasa nya jika masuk layar dekstop kita klik kanan ada pilihan graphics property / graphics option ini malah gk ada juga gan, bagaimana yah solusi nya, karna sangat menggangu mata untuk kecerahan nya terlalu terang.
    terimakasih, mohon respon..

  5. mas kalo caranya mengatur pencahayaan di monitor tanpa harus membuka control panel gimana ya?
    soalnya komputer saya monitornya redup cahayanya dan gak keliatan mau diatur di monitornya

    mohon penjelasanya via email mas
    [email protected]

    • Halo Aditia, waduh mas… pinjam monitor lain bisa ga? Dan ini kalau yang rusak monitornya ya ga bisa lewat Windows mas solusinya.

  6. laptop saya toshiba satellite c40-a mas
    cara instal driver vga gimana yah mas tolong bantuannya
    ini abis instal ulang dan gak bisa setting brightness
    makasih mas

  7. gan brightness laptop ga fungsi gelap sekali harus senter br kelihatan,adjust brightness sudah di atur tetap ga fungsi benar,sudah update drive vga tetap ga bisa gan,gimana cara tolong bantuin ya,saya pusing sekali jadi ga bisa main laptop lagi.

    • Halo Intan, mbak pakai laptop merek dan tipe apa? Diinstall Windows apa? Kok saya tebak ini monitornya sudah rusak ya.

  8. Mas tolong balas seceparnya ini urgent bagi saya,di device manager tidak ada monitor dan bagian display tanda seru kuning,awalnya memang saya kehilangan driver graphic saya,sedangkan saat saya mengikuti cara tersebut (windows+x) juga tidak ada pengaturan cahayanya,makasih mas

  9. Mas…. ini laptop saya Asus A43SA . Ram 4gb VGA 2 Gb Amd Radeon …
    Saya instal ulang windows 8, kok brightness pas saya kurangin jadi gelap .. pas saya terangin muncul lagi gambar dekstop nya … itu kenapa ya ?.
    Saya cek layarnya pake senter, dia tampil, cuma gelaap bgt …. tp pas d besarin brighnessnya .. jd muncul lagi dekstop saya..

  10. Mas, laptop saya ASUS X550ZE, pas lagi nyoba benerin software driver, saya install ulang, pas nginstall ternyata ga keinstall drivernya, jadi saya nyoba terus install, nah, sekarang, laptop saya adjust brightness nya ilang, trus drivernya juga gak ketemu, mohon pencerahannya mas

  11. hallo mas aku mau tanya, laptop ku asus a450c gak bisa berfungsi fn+f5 nyaa setelah saya coba cek dg cara mas ternyata tidak ada pengaturan brightness nya, ini padahal laptop baru abis instal ulang mas tdinya si gak knp2 skr malah kaya gini knpa yah

    • Halo Rossa, mbak ga ketinggalan install driver VGAnya kan? Syaratnya bisa setel brightness itu sudah terpasang drivernya. Ini di Windows apa dan pakai laptop merek+tipe?

  12. Mas saya baca di grup Asus X550ZE banyak yang bilang emang untuk windows 7 udah ga disupport (udah download driver dari AMD tapi tetep gamau adjust brightnessnya) , jadi akhirnya pada upgrade ke 8.1 / 10. Ini emang bener-bener udah stuck apa masih bisa diakalin ya?

  13. .ane jg punya masalah pengaturan brightness nya hilang.
    ane mo tanya apa nama lengkap vga nya. Notebook ane asus pake windows 32 bit. masih bingung downloadnya

  14. Gan, saya punya laptop acer e1-431 dgn os windows 8.1pro, di device manager tidak ada yg tanda seru, tapi dibagian setting, brightnessnya bertuliskan unavailable, trus pas diklik icon battery, tidak ada pilihan adjust brightness, yg ada hanya power option, masalahnya apa yaa?? Trus solusinya gimana?? Tlg bantuin dong gan, soalnya saya takut mata saya rusak karna laptop saya kecerahannya 100%

  15. thor gini layar laptop ku brightness nya berubah sendiri jadi kedip-kedip , malah kadang layarnya sampai jadi hitam semua terus perlahan-lahan terang lagi . Kira-kira kenapa ya ? terus solusinya gimana?

  16. assalamualaikum wr.wb
    gan saya mau naya kalo di pc toshiba gak ada pengaturan brightes gimana, cara mengatsinya gimana tolong di bantu gan? terimakasih,

  17. oh udah gan vga nya sudah terinstal jadi gimana gan kenapa adjust screen brightness nya gak ada bagaimana cara mengatasinya? tolong di balas ya ,

    • Tetap ga ada mas? Pakai shortcut Windows+X sama? Fitur brightness ini muncul kalau VGAnya support mas, kalau tidak ada umumnya disebabkan tidak terdetek sempuran atau masalah drivernya.

  18. mas, saya abis instal ulang lenovo ideapad s210 dengan windows 7 ultimate tapi tombol fn (brightness) nya gak bisa dipake dan dilayar deket tanda volume dan wifi gak ada. padahal sebelumnya pake win 8 bisa dipake dan dilayar deket tanda volume&wifi ada gambar brightness nya .kira2 kenapa ya mas? udah saya coba utak atik di device manager nya (VGA Graphics Adapter) tetap gak bisa. saya cari pengaturan brightness nya juga gak ada. mohon pencerahannya soalnya mata sakit banget sama kecerahan layarnya hehee .makasi banyak mas . (kalo gak ngerepotin tolong balesnya di email ya [email protected])

  19. halo mas chandra,
    laptop saya HP pavilion 14 windows 8.1 Pro, saya juga mengalami masalah ini – tombol f2 f3 bisa munculin slide brightness tapi tidak bisa di-adjust.
    saya sudah coba uninstall generic PnP monitor, tp tetap tidak bisa juga.

    Please advise mas..

  20. hallo mas chandra boleh saya minta link buat instal drive VGAnya boleh saya bingung downloadnya dimana leptop saya merek acer Z1401.C13A masalahnya saya gak bisa nemu setting buta pencerahanya itu mas. terima kasih sebelumnya

  21. halo mas chandra, mau tny laptop saya katanya chipset vganya rusak jd tdk bs install vga. adjust brightness saya tdk ada. trs bgmn cara untuk menurunkan tingkat kecerahan dilaptopnya ya? tdk enak mata saya krn terlalu terang. tq

    • Wah… kalau VGAnya rusak setahu saya ga ada solusi secara software mbak. Ini tipe dan merek laptopnya? Pesan error apa yang muncul kok dikatakan rusak?

      Paling pakai protektor layar yang ramah mata kalau mau ngakalin.

  22. Permisi mas , Saya udah install driver dari website lenovonya , kebetulan merk laptop saya lenovo g40-70, saya vganya ada 2 yaitu amd redeon sama intel hd graphic ,

    saya udah install keduanya sesuai merk laptop dan OS nya , saya pakai OS win-7

    naaah adjust brightnessnya gk muncul juga mas , ini gimana yaa mas
    Tolong saya mas , saya gk kuat lama2 kalo laptop cerah begini
    Ada solusi gk mas ?

    terima kasih

  23. Halo mas chandra,mau tanya dong. Laptop saya habis diinstal ulang tuh, nah kebetulan pas saya cek itu pencahayaannya sgt terang (max), trus saya mau ubah ke min tapi adjust screen brightness gaada/hilang. Sy sudah cari pake windows+X juga gaada. Itu masalahnya Krn apa yah? Btw laptop sy Lenovo B14-35, Win 7.

  24. hallo mas mohon sekali pencerahanya tiba tiba display saya menjadi generic pnp non monitor setelah melakukan upgarade ke window 7 jadi setiap buka game selalu out of range tadinya sebelum terditeksi generic pnp non monitor lancar2 saja tak ada kendala saya tolong di bantu secara terperinci anu saya baru pemula mas…..mohon sekali dibantu sedulur…..s

    • Masalah driver ini mas tampaknya. Coba minimal install driver VGAnya untuk Windows 7.

      Mungkin kalibrasi monitor bisa membantu juga.

  25. saya gogling sana sini lum ada ad langkah 2 terperinci masalah pemecahan masalah generic pnp non monitor ini mohon sedulur bisa membantu saya memecahkan masalah ini

Tulis komentar...