Memperbaiki dllhost.exe tinggi dalam tingkat penggunaan CPU dan RAM

Apakah anda pernah mengalami saat membuka folder maka icon file yang muncul adalah berwarna putih polos, dan setelah beberapa lama maka Windows menjadi lambat kemudian akan mengalami crash atau BSoD (Blue Screen of Death). Hal ini rutin terjadi rutin setiap kali anda mengakses folder tertentu pada Windows Explorer dan berisi file video (avi, wmv, mp4, mkv, mov, dan sebagainya).

Jika anda melihat pada Task Manager maka akan muncul proses dllhost.exe dengan deskripsi COM Surrogate. Proses ini akan memakan banyak memori (RAM) yang tersedia, dan tingkat utilitas prosesor (CPU) akan naik tajam, juga bisa berjumlah lebih dari satu (banyak).

windows-7-task-manager-performance

Umumnya hal ini terjadi pada file video yang ada dalam folder dan anda sedang membukanya. Icon filenya tidak memperlihatkan isi video (thumbnail) tapi hanya file polos seperti tidak dikenali, dan akan berlang kembali gejala kerusakannya. Jadi ada masalah pada Windows Explorer yang berusaha membuat dan menampilkan file video, ini dapat disebabkan isi videonya sudah rusak atau korup.

windows-7-task-manager-end-process

Tentu kita bisa saja mematikan proses

nya melalui Task Manager, tapi ini hanyalah perbaikan sementara. Di kemudian waktu pasti muncul lagi.

Bagaimana kalau video tersebut adalah data penting dan anda ingin membuat backupnya dulu? Cara alternatif tapi tidak mengatasi masalah adalah dengan tidak menampilkan thumbnail videonya. Buka saja Folder Options, pindahkan tab View dan beri centang pada “Always show icons, never thumbnails” dan klik OK.
windows-7-folder-options

Bagaimana solusi atau cara memperbaikinya? Anda bisa mengatasinya dengan mudah sebenarnya, dan semoga anda tidak kalah cepat dengan error yang muncul dan kemudian otomatis me-restart komputer. Jadi yang perlu dilakukan adalah hapus saja file video yang bermasalah tersebut. Ya, cuma itu saja. 🙂

Kalau anda mengirimkannya ke recycle bin jangan dibuka juga, karena Windows Explorer akan kesulitan menampilkan isinya dan crash lagi. Langsung saja bersihkan isi tong sampah dengan klik kanan dan pilih Empty Recycle Bin.

Walau file tersebut gagal dibuat icon thumbnailnya oleh Windows bukan berarti tidak bisa dimainkan oleh video player, jadi silahkan coba dahulu apakah bisa diputar atau tidak. Kalau berhasil maka ini bisa menjadi solusi sementara, kalau gagal ya tampaknya anda harus membuatnya kembali atau mencari lagi yang baru.

Tulis komentar...