Memperbaiki layar hitam di Windows 7

Muncul layar hitam dan setia ditemani kursor mouse setelah booting Windows 7? Ya, masalah ini baru saja saya alami pagi ini. Hari minggu bukannya bersantai malah sibuk memperbaiki laptop, untungnya solusi dari masalah ini belum tentu sampai install ulang. Setidaknya saya berhasil mengatasi layar hitam ini dan Windows 7 berhasil loading menuju desktop dengan sempurna setelahnya.
Masalahnya walau ditunggu tampaknya hanya kursor mouse yang bisa digeser dan tidak muncul tampilan apa – apa di desktop. Memanggil Windows Explorer saja tidak bisa, benar – benar membuat frustasi rasanya.

Jadi apa yang perlu dilakukan? Akan saya urutkan dari yang paling sepele, tapi silahkan langsung pilih saja yang belum anda lakukan.

Restart Windows 7

Langsung saja restart komputer anda, pasti nanti akan muncul pilihan booting. Pilih Start Windows Normally dan semoga saja tidak berulang tampil layar hitamnya.

Safe mode

Kalau masih saja terjadi maka kembali reboot komputer anda dan sekarang pilih Safe Mode, nanti setelah berhasil masuk ke desktop Safe Mode langsung saja restart (bukan menekan tombol reset di komputer ya, jangan salah paham) dari Start Menu. Biasanya ini bisa membetulkan booting Windows 7.

windows-safe-mode-selection

Install ulang driver VGA

Kadang driver VGA yang rusak bisa menyebabkan layar Windows tertahan. Selama anda masih bisa mengakses Safe Mode silahkan uninstall drivernya dan sekalian download dan install driver terbarunya.

lenovo-ideapad-s215-gpu-z

Saya sarankan menggunakan Display Driver Uninstaller untuk membersihkan driver GPU lama secara total terlebih dahulu.

Atur Startup dan Services Windows 7

Masih gagal juga? Kembali ke Safe mode, dengan menggunakan System Configuration (msconfig.exe):

msconfig-services

  1. Pertama matikan program – program tidak perlu yang ikut berjalan pada saat loading Windows 7 (jadi kecuali antivirus sebaiknya dinonaktifkan sisanya).
  2. Kemudian cek Services apa saja yang berjalan, kalau ini sebaiknya anda menggunakan bantuan Google untuk mencari tahu apa fungsi dari setiap layanan dan memastikan apakah aman untuk dimatikan atau tidak.

Setelah itu restart Windows kembali dan berharaplah sekarang lancar.

Tunggu layar hitam selesai

Kalau sampai pada tahap mengatur startup dan service Windows tampaknya belum ada hasilnya maka saya sarankan untuk menunggu saja, jadi jangan dimatikan komputer anda. Singkatnya biarkan saja layar hitam tersebut, pengalaman saya ini disebabkan adanya program yang menyangkut dan menghambat proses memuat tampilan desktop Windows 7. Waktunya? Pengalaman saya bisa dari 10 menit dan sampai 2 jam. Tinggalkan saja untuk beraktivitas lain.

Semua cara diatas adalah tanpa perlu melakukan install ulang atau perbaikan instalasi Windows 7, kedua solusi ini merupakan upaya terakhir yang bisa digunakan tapi semoga saja tidak dibutuhkan.

107 pemikiran pada “Memperbaiki layar hitam di Windows 7”

    • Yang saya maksudnya slotnya di motherboard mas, kalau VGA sudah diganti sama saja ya kemungkinan besar ini. Rasanya harus ganti baru.

Tulis komentar...