Memperbaiki Open with muncul setiap kali membuka drive

Pernah mengalami saat membuka drive atau partisi harddisk atau USB flashdisk tidak langsung terbuka isinya dan yang muncul malah jendela Open with? Ini masalah sepele sebenarnya dan seringkali disebabkan serang virus yang mengakibatkan perilaku Windows Explorer jadi aneh.

Sebelum menjalankan cara apapun untuk memperbaikinya saya sarankan untuk melakukan scan menggunakan antivirus, bila ada program berbahaya yang menyebabkan masalah ini masih aktif nanti akan kembali lagi muncul. Kadang juga ini disebabkan antivirus anda berhasil membasminya tapi setting yang dirubah tidak dapat dipulihkan ke normal.

Cara mengatasi dialog Open with saat membuka drive bagaimana? Solusinya diawali dengan menampilkan file bertipe hidden melalui Folder Options, buka Windows Explorer (shortcut: Windows+E) lanjutkan dengan menekan tombol Alt untuk menampilkan toolbar dan pilih Tools kemudian Folder options…
windows-explorer-tools-folder-options

Pindahkan ke tab View, pindahkan opsi menjadi Show hidden files, folders and drives.
windows-7-folder-options

Kemudian buka drive yang bermasalah tadi melalui sidebar di Windows Explorer, dan cari file bernama autorun.inf kemudian langsung hapus.
windows-explorer-drive-autorun-inf

Niscaya Windows akan kembali normal kembali saat mengakses drive.

Tulis komentar...