Memperbaiki “A runtime error has occured.” di Internet Explorer

Saat anda dengan santainya browsing situs favorit anda, tiba – tiba Internet Explorer menampilkan pesan error : “A runtime error has occured. Do you wish to debug?” dan diikuti dengan jendela yang berisi pesan lainnya berisi informasi di baris berapa error itu berada dan jenis error tersebut.

Kalau anda klik Yes maka akan muncul jendela untuk men-debug script yang bermasalah tersebut, tapi bukan berarti ini adalah solusinya. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mencoba cara – cara berikut.

Mematikan script debugging di Internet Explorer

Salah satu cara untuk memperbaiki atau supaya error ini tidak muncul lagi adalah dengan mematikan  script debugging di Internet Explorer. Karena fungsi ini memang tidak berguna bagi pengguna browser casual atau umumnya. Untuk mematikannya anda harus membuka Tools > Internet Options.

ie9-tools

Cara alternatif untuk mengaksesnya bisa melalui Control Panel > Internet Options.

Pada Internet Options pilih tab Advanced, lihat pada bagian Browsing. Berikan centang pada kedua opsi berikut:

  • Disable script debugging (Internet Explorer)
  • Disable script debugging (Other)

ie11-internet-options-advanced-disable-script-debugging

Selanjutnya hilangkan centang pada  “Display a notification about every script error” untuk menonaktifkan pesan kesalahan setiap ada script yang error pada Internet Explorer.

Menggunakan Microsoft Fix It Tool

Cara kedua anda bisa menggunakan Fix It tool yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk mematikan fungsi script debugging. Anda cukup mendownload program kecil tersebut dan menjalankan dan akan otomatis diperbaiki.

Kalau masalah ini masih bermunculan atau malah muncul error lain yang mengganggu kegiatan selancar website anda maka saran saya menggunakan browser alternatif seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome saja.

Tulis komentar...