Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Kemarin membantu teman yang memiliki TRM (Tabungan Rencana Mandiri) untuk mencairkan dananya lebih awal. Ya membatalkan tabungannya karena ada keperluan darurat yang harus segera dilunasi. Dalam prosesnya sendiri tidaklah sulit asalkan minimal anda tahu kode – kodenya dan malah tidak perlu ke kantornya apabila sudah mengaktifkan internet bankingnya.

Saya membahas lewat internet banking Mandiri karena mudah. Yang pasti anda sudah harus menyiapkan:

  1. Sertifikat polis dari AXA Mandiri atau nomor rekening TRMnya. Cuma butuh nomornya saja.
  2. Token Mandiri.

Langkah pertama tinggal buka situsnya dan login: https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form&lang=in_ID. Kemudian silahkan buka menu Informasi Rekening dan akses Mandiri Tabungan Rencana.

Nanti akan muncul daftar tabungan rencana yang anda miliki, pilih yang ingin diambil dananya. Nanti pada opsi Update ada Batalkan, klik saja. Disini siapkan 2 huruf kapital (Certificate Prefix) dan 6 angka sertifikatnya (Certificate Number) yang ada dalam polisnya. Lanjutkan.

Disini kita akan diminta mengkonfirmasi transaksinya dengan mengisikan kode dari Token Mandiri. Nanti akan muncul informasi jumlah saldo dan ledger balance dari TRM anda, dan karena ini dicairkan sebelum jatuh tempo maka akan kena biaya sebesar Rp 150.000 yang dipotong otomatis dari nominal ledger balance.

Proses pemindahan dananya berlangsung instan, begitu anda konfirmasi tadi maka akan langsung masuk ke saldo tabungan yang biasa.

Sedangkan untuk proses manualnya apabila tidak memiliki fasilitas internet banking maka tinggal datang ke kantor cabang Bank Mandiri. Jangan lupa bawa

  1. Buku tabungan.
  2. Sertifikat polis yang cuma selembar itu.
  3. KTP.

Terakhir apabila anda berhasil mempertahankan tabungan ini sampai jatuh tempo maka saldonya dalam hitungan jam sudah akan ditambahkan dalam tabungan biasa anda. Otomatis juga.

81 pemikiran pada “Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri”

  1. kalau daftar TRM lewat Mobile banking, dan belum ambil sertifikat gimana ya?apa harus ambil dibank mandiri asal atau bank mandiri mana saja. kalau weekend banking bisa ga cairkan TRM?

    • Kalau untuk mencairkan, setidaknya secara internet banking cuma butuh nomor sertifikatnya mbak. Apakah mbak belum dapat atau tidak menyimpannya?

    • Sy juga buka TRM via mobile banking dan tdk dpt sertifikatnya. Skrg sy mau mencairkan trm sblm jatuh tempo, drmn dpt nomer prefiks sertifikatnya ya, atau bgmn cara menarik dana sebagian dr TRM. Terima kasih

  2. Sis kalo surat TRM nya hilang gimana ya?
    Saya udh 2 bulan sengaja ga d debet. Apa d bulan ke 3 nya uang langsung otomatis langsung masuk k rekening apa harus laporan k bank nya ya?

    Thanks

    • Cuma 3 bulan mbak? Kalau iya mestinya otomatis kembali ke saldo tabungannya.

      Tapi saran saya laporkan ke bank sih, biar jelas.

    • waktu itu sertifikat TRM saya juga hilang , gpp mba di lanjutkan saja . kalau pun mau di ambil sebelum waktunya , datang saja ke bank penerbitnya , mereka ada data nya ko .

  3. Kalau melakukan penarikan sejumlah uang di Tabungan Rencana Mandiri kena 150 ribu juga apa 0,5%? Saya udah baca di websitenya, cuma mau memastikan. Saya email ga dibalas.

    • Mas dari pernyataan ini, saya menyimpulkan bisa mencairkan TRM tanpa menutupnya. Apa benar bisa kaya gitu?
      Jadi misal saya kan ikut TRM 10 tahun, di tahun ke 2 mau cairin uangnya tp masih pingin lanjut TRM nya, apa bisa?

  4. Sy mw mencairkan TRM tp blum jatuh tempo.. Tp kemarin wkt di bank mandiri katanya harus di cairkan di cabang mandiri tempat buka TRM ,sedangkan sy wktu itu bukanya di luar daerah..
    Setelah membaca artikel ini sy tertarik untuk mencairkannya lewat internet banking tp sy belum ada token,besok sy akan urus token dulu.
    Mohon infonya lg apa dana yg di cairkan hari itu jg langsung masuk ke saldo otomatis ?
    Thnks

    • Wah.. kalau polis asuransi AXA Mandiri saya kurang tahu detailnya mbak. 🙁 Yang pasti dalam 30 hari dan memang ada potongan.

  5. Mau tanya, Saya baru pertama buka rekening TRM, terus mau di tutup dan belum masuk uang sepeserpun, apakah ada potongan apabila saya tutup TRM nya?

  6. Terima kasih mas infonya. it works! coba ya polisnya online juga, masuk email gitu. cape bgt datang ke bank ngantri cuma ngambil selembar rek. hehee

  7. Mas chandra pencairan TRM sebelum jatuh tempo melalui MANDIRI ONLINE dulu Mandiri mobile bisa nggak yaa, karena klo pakai internet banking saya tidak punya TOKEN nya.
    Saya menyimak pertanyaan2 rata rata pakai internet banking harus pakai TOKEN, tapi ada salah satu penanya (Ira) pakai m banking diminta isi prefiks.. Jawaban mas Chandra 2 huruf kapital.
    Yang di maksud huruf kapital apakah 2 huruf didepan nomor sertifikat yaa mas??
    Contoh: AL 258369
    Tks

  8. Saya baru 1 hari membuka rek TRM, yang mau saya tanyakan adalah apakah pada saat ingin melakukan pencairan harus ada persyaratan tertentu atau bagaimana?
    mohon infonya..thx

    • Sebelum jatuh tempo? Ya seperti yang dituliskan diatas mas. Kalau dibiarkan ya nanti akan ditambahkan ke saldo tabungan utamanya.

  9. Utk dapatkan kode prefiks sertifikat gimana cara nya yah, apakah ada di kirim via email waktu ngebuka TRM atau bisa di dapatkan dengan cara online ? Krn waktu aku buka TRM, aku gak di kasih apa2 oleh pihak bank nya.

  10. Mas mw tny. Aku ikut TRM udah 2 taun. 2016 dan 2017. Mulai itu januari 2016 dan akhr di desember 2017. Skrg kan udh 2018. Apakah uangnya lgsg masuk k rekening atw harus dlu diurus ke bank lgsg ya? Makasih

  11. beda pencairan dan pembatalan TRM apa ya??? klo pencairan saja tp tidak dibatalkan bisa tidak ya??? kalau bisa caranya bagaimana ya???. Trims

  12. Sy sudah ikut trm tgl 12 Mei 2017.dibulan Des n Januari sy gagal debet Krn saldo tidak mencukupi.apabila di bulan Februari gagal debet lg automatis TRM tutup.yang mau sy tanyakan,setoran sy Dr bln mei-nov 17 apakah ter-kredit langsung ke rek induk?kalau iya apakah di bulan Februari jg?kalau tidak apakah harus ke cab tempat buka rek trm?

  13. Saya TRM di bulan desember akhir 2016, lalu bulan agustus Dan september tidak melakukan debt. Tiba2 di rek sayaa Ada tranferan 660.000 kira2 itu pencairan trm saya atau bukan ya? Karna nominalnya Ada 60.000 nya

  14. kalo misalnya saya ikut trm di 24 feb 2017 dan jatuh tempo di tgl 24 feb 2018, tp saya selama setahun itu hanya 5 bulan ketariknya, nah pada sudah temponya di 24 feb 2018 sampe dengan sekarang ko saya belum menerima tranferan dr 5 bulan trm saya ya.
    ada yg tau kasus ini?

  15. Sy ikut trm jngka 1 thun d bulan mei storan stiap tnggl 15,trus sy tudak setor 2 x d tnggl 15 kira” cairnya d tanggal brp ya ,soalnya sepakatan awal cair klo tidak d setor sebanyak 2x

  16. Sy ikut trm 1 thun dr mei 2018 setor setiap tnggal 15,terus sy tidak setor d bulan maret april apakah cair otomaris dan d tanggal brp ,?

  17. Saya ikut trm mulai tgl 4 juli 2018,dan jatuh tempo nya setiap tgl 1,, dan skrg sdah bulan juli apakah sdah bisa d cairkan atau blum bang

  18. kok saya ikut trm
    sudah lama
    tapi dana yg di tf tidak sesuai dengan tabungan yg saya jalankan
    itu penyebabnya apa ya, kalau ada potongan kenapa besar sekali
    bantu info nya ya jika mengetahui
    thanks

  19. Kak saya mau nanya kalo saya sudah daftar TRM di cabang saya buka rekening mandiri terus saya udah nerima sertifikat, tetapi saya ingin daftar nabung lagi sendiri lewat M banking sudah berhasil dan dpt email, kalo untuk nariknya apa harus minta sertifikat lagi atau 1 sertifikat bisa untuk beberapa TMR?

  20. Kalo saya daftar mandiri berencana dari mobile banking.. Trus mau saya batalkan, tapi saya tidak punya no prefiks Dan sertifikat nya??? Apa langsung saja ke bank terdekat

  21. Kalo sudah jatuh tempo TRM, kita tidak perlu mencairkan Manual melalui internet banking dan atau datang ke kantor cabang mandiri terdekat kan mas?
    Itu sudah pasti saldo nya pindah ke rek. Utama?

Tulis komentar...