Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Kemarin membantu teman yang memiliki TRM (Tabungan Rencana Mandiri) untuk mencairkan dananya lebih awal. Ya membatalkan tabungannya karena ada keperluan darurat yang harus segera dilunasi. Dalam prosesnya sendiri tidaklah sulit asalkan minimal anda tahu kode – kodenya dan malah tidak perlu ke kantornya apabila sudah mengaktifkan internet bankingnya.

Saya membahas lewat internet banking Mandiri karena mudah. Yang pasti anda sudah harus menyiapkan:

  1. Sertifikat polis dari AXA Mandiri atau nomor rekening TRMnya. Cuma butuh nomornya saja.
  2. Token Mandiri.

Langkah pertama tinggal buka situsnya dan login: https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form&lang=in_ID. Kemudian silahkan buka menu Informasi Rekening dan akses Mandiri Tabungan Rencana.

Nanti akan muncul daftar tabungan rencana yang anda miliki, pilih yang ingin diambil dananya. Nanti pada opsi Update ada Batalkan, klik saja. Disini siapkan 2 huruf kapital (Certificate Prefix) dan 6 angka sertifikatnya (Certificate Number) yang ada dalam polisnya. Lanjutkan.

Disini kita akan diminta mengkonfirmasi transaksinya dengan mengisikan kode dari Token Mandiri. Nanti akan muncul informasi jumlah saldo dan ledger balance dari TRM anda, dan karena ini dicairkan sebelum jatuh tempo maka akan kena biaya sebesar Rp 150.000 yang dipotong otomatis dari nominal ledger balance.

Proses pemindahan dananya berlangsung instan, begitu anda konfirmasi tadi maka akan langsung masuk ke saldo tabungan yang biasa.

Sedangkan untuk proses manualnya apabila tidak memiliki fasilitas internet banking maka tinggal datang ke kantor cabang Bank Mandiri. Jangan lupa bawa

  1. Buku tabungan.
  2. Sertifikat polis yang cuma selembar itu.
  3. KTP.

Terakhir apabila anda berhasil mempertahankan tabungan ini sampai jatuh tempo maka saldonya dalam hitungan jam sudah akan ditambahkan dalam tabungan biasa anda. Otomatis juga.

89 pemikiran pada “Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri”

  1. Kalo saya daftar mandiri berencana dari mobile banking.. Trus mau saya batalkan, tapi saya tidak punya no prefiks Dan sertifikat nya??? Apa langsung saja ke bank terdekat

    Balas
  2. Kalo sudah jatuh tempo TRM, kita tidak perlu mencairkan Manual melalui internet banking dan atau datang ke kantor cabang mandiri terdekat kan mas?
    Itu sudah pasti saldo nya pindah ke rek. Utama?

    Balas
  3. Saya buka TRM sudah dapat sertifikatnya tapi ketika saya downloan mandiri online ko engga muncul di bagian bawah yah TRM nya? Mohon penjelasanya terimakasih

    Balas
  4. Saya daftar TRM dari mobile bangking,trus gmna cara ny saya untuk dapat kan sertifikat nya ya.??AP bisa d ambil d bank mana saja ya.??

    Balas
  5. Kalo ikut yg 1 tahun, teruss mulainya 22 oktober apa cairnya di 22 oktober taun depan atau 22 septembernya? Kalo diitung 1 tahun sampe september udh 1 tahun.

    Balas
  6. Kak mau tanya, saya kan ikut berjangka tapi cuman bayar 3x aja karna gankerja jd saya ga bayar, dan kurang 2 bln lbh udah selesai, pas mau liat saldo ternyata udah gabisa, itu saya gimana ya, apa uang saya hilang, takutnya pas ke bank nya kena omel grgr ga bayar* 🙁 soalnya gapernah isi saldo jg sih, bca ku yg biasanya isi saldo

    Balas

Tinggalkan komentar