Mengaktifkan batas penggunaan data seluler Android

Kalau sebelumnya saya membahas bagaimana cara membatasi penggunaan data per aplikasi di Android tapi ini untuk mencegah kuota internet anda tiba – tiba habis karena aplikasinya aktif online di background. Kali ini saya akan memperkenalkan fitur peringatan dan pembatasan penggunaan data di Android.

Jadi nantinya akan ada dua jenis sistemnya, pertama kalau anda ingin diberitahukan kalau tingkat penggunaan data seluler anda sudah mencapai ukuran tertentu akan muncul pesan peringatan, sedangkan kedua adalah batasnya sehingga kalau sudah mencapai angka yang anda tentukan seluruh koneksi internet akan diputus.

Tertarik menggunakan fitur ini? Silahkan buka Pengaturan (Settings) handphone anda dan perhatikan pada bagian Nirkabel & Jaringan (Wireless & Network) akan ada opsi Penggunaan data (Data usage). Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, jika milik anda berbeda versi Androidnya silahkan diadaptasikan caranya.
android-terapkan-batas-data-seluler

Akan muncul grafik konsumsi bandwidth, berikan centang pada “Tetapkan batas data seluler” (Set mobile data limit). Setelah itu tap pada garis oranye, tahan dan geser keatas atau bawah untuk menetapkan berapa MB atau GB data yang dipakai baru muncul peringatan. Juga pada garis merah untuk menentukan berapa GB koneksi data seluler akan dimatikan kalau sudah tercapai.

Dengan fitur ini kita bisa menggunakan kuota data internet seluler di Indonesia yang mahal dengan lebih bijak, tidak seboros kalau tidak dipantau.

Tulis komentar...