Mengaktifkan Hibernate di Windows XP

Untuk menghemat daya baterai dan menyimpan data saat anda meninggalkan laptop anda dalam waktu yang lama, sebaiknya anda melakukan hibernasi data pada laptop anda.? Fungsi Hibernate nanti akan menyimpan seluruh data yang ada di memori komputer ke dalam harddisk sebelum komputer mati, jadi apapun yang sedang anda lakukan di komputer akan tersimpan semuanya. Saat komputer anda dihidupkan kembali, maka keadaan komputer akan kembali ke semula dengan mengambil seluruh data dan informasi yang tersimpan sementara di harddisk.

Fitur Hibernate di Windows XP bisa dihidupkan dengan mengikuti langkah – langkah berikut:

  1. Dari Start Menu (tekan tombol Windows juga bisa) buka Control Panel dan cari Power Options.
    Windows XP Control Panel Power Options
  2. Pilih tab Hibernate dan centang pada Enable Hibernate. Klik Apply untuk menerapkan perubahan ini. Selanjutnya tinggal kita atur kondisi untuk menjalankan proses hibernasi Windows ini.Windows XP Power Options Hibernate
  3. Untuk mengubah kriteria hibernasi Windows XP sesuai dengan keinginan anda, buka Power Options kembali dan pilih tab Power Schemes. Di bagian paling bawah ada System Hibernate dengan pilihan durasi waktu untuk aktivasi hibernate. Silahkan pilih waktu komputer tidak terpakai (idle) yang bisa anda kira – kira sendiri berapa lama.Windows XP Power Options Power Schemes
  4. Selesai

Untuk mengaksesnya, dari Start Menu pilih Turn Off Computer, maka akan muncul pilihan Hibernate, Turn Off, dan Restart. Hibernate akan menggantikan opsi Stand By. Anda bisa memahami 2 mode daya Windows lebih lanjut dengan membaca perbedaan sleep dan hibernate.

Menggunakan hibernate sangat disarankan bagi anda yang memiliki laptop aau komputer portable lainnya. Selain menjadi lebih hemat daya saat tidak dipakai, baterainya juga akan lebih awet, dan yang terpenting apapun kegiatan anda di komputer tidak akan hilang dan setelah diaktifkan kembali bisa langsung dilanjutkan sesinya.

Tulis komentar...