Mengaktifkan fitur lokasi di Android

Kadang untuk menghemat baterai di Android kita mematikan fitur pelacakan lokasinya, tidak salah sih karena aslinya cukup jarang kita menggunakannya. Kecuali untuk melacak handphone hilang atau napak tilas kita kemana saja hari ini. Nah… fitur lokasi Android ini tidak hanya GPS (Global Positioning System) saja, nanti bisa ditingkatkan akurasinya dengan fitur – fitur lainnya.

Tapi mari kita mulai dulu dengan cara mengaktifkan Location ini, paling mudah silahkan tarik notification bar diatas kebawah untuk mengakses pengaturan cepatnya dan tap pada iconnya. Saya contohkan disini memakai ASUS Zenfone 5 (Android 4.4.2 Kitkat). Mudah kan?

android-pengaturan-cepat

Nah… alternatifnya bisa lewat Settings (Setelan) > Pribadi (Personal) dan tinggal geser saja dari Off ke On. Bedanya kalau disini anda bisa mensetting lebih lanjut bagaimana ponsel anda melacak posisinya sekarang.

android-setelan-lokasi

Tap saja dan akan muncul beberapa opsi dalam modenya:

  • High accuracy (Akurasi tinggi) – Tingkat akurasi tertinggi karena mengombinasikan GPS, Jaringan seluler, dan titik WiFi di sekitarnya.
  • Battery saving (Hemat baterai) – Mode hemat daya karena hanya memakai data dari access point WiFi dan jaringan seluler.
  • Device only (Khusus perangkat) – Hanya menggunakan informasi dari satelit GPS untuk mengetahui lokasi anda sekarang dimana. Biasanya antara 2-10 meter selisihnya.

Saya anjurkan yang mode terbaik supaya sangat akurat pelacakan lokasinya karena akan diverifikasi oleh jaringan operator seluler dan hotspot disekitarnya, kecuali baterai handphone anda sekarat. Atau dimatikan saja kalau tidak diperlukan jadi lebih awet baterainya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...