Mengaktifkan Reader View Firefox pada semua situs

Salah satu fitur pada Mozilla Firefox yang sangat membantu dalam membaca konten dari suatu situs adalah Reader View. Dengan memanfaatkan fitur ini kita bisa melihat isi dari halamannya tanpa ada elemen – elemen yang mengganggu, jadi langsung fokus pada tulisannya saja. Tapi kadang icon buku di address bar Firefox tidaklah muncul, dan kalau kita terpaksa membuka satu situs itu saja maka ada solusinya.

Paling sederhana tanpa perlu install apapun adalah menginstruksikan Firefox agar memuat halaman websitenya langsung dalam mode Reader View. Ini caranya tinggal menambahkan kode about:reader?url= dan langsung disusul dengan link yang ingin dibuka. Ingat masih perlu diawali http:// atau https:// dalam menulis alamat websitenya. Saya contohkan: about:reader?url=https://google.co.id

mozilla-firefox-reader-view

Tapi kalau menurut anda metode diatas terlalu merepotkan maka ada alternatifnya yakni dengan menginstall addon Activate Reader View: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/activate-reader-view/ yang nanti akan menambahkan tombol untuk aktivasi mode pembaca dalam toolbar browsernya.

Terakhir.. kenapa Reader View tidak mesti ada pada website tertentu? Simple sebenarnya, ini disebabkan kode HTML yang dipakai bermasalah dan Firefox kesulitan mengolahnya. Padahal kalau dipaksa tampil pun menurut saya masih sempurna.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...