Mengatasi “405. That’s an error” pada YouTube

Saat menonton video di YouTube kadang secara acak anda dialihkan ke halaman error Google dengan kode 405? Hal ini juga terjadi saat anda sedang berpindah ke halaman lain di YouTube.

Pesan error dari YouTube ini seperti berikut:

405. That’s an error.
The request method [kode] is inapproriate for the URL [alamat web]. That’s all we know.

Untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab error 405 ini anda bisa membaca arti kode standar error HTTP ini:
405 Method Not Allowed
Sebuah permintaan dari suatu resource menggunakan metode permintaan tidak didukung oleh resource tersebut; contohnya menggunakan metode GET pada form yang memerlukan data dikirim via metode POST, atau menggunakan metode PUT pada resource read-only.

Jadi komputer anda mengirimkan request terhadap resource menggunakan metode yang tidak tepat sehingga server menolak permintaan anda.

Ciri – ciri lain permasalahan ini di YouTube adalah seperti video YouTube yang berhenti pada kurang lebih detik 00:14, yang kadang bisa dilanjutkan tapi membutuhkan waktu yang lama baru dilanjutkan. Tidak munculnya komentar dengan pesan “Comments currently unavailable”.

Tidak bisa menambahkan video dalam playlist atau menggunakan watch later, akan muncul pesan error “Invalid request” bila anda mencobanya.

Yang lainnya seperti tidak bisa membuka inbox YouTube,akan terbuka sebentar dan kemudian dialihkan ke halaman error diatas.

Apa yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini?

Membersihkan DNS cache

Pertama anda bisa mencoba membersihkan cache DNS komputer anda, ini bisa disebabkan permintaan anda ke lokasi yang kurang tepat karena cache DNS anda belum diupdate. Jalankan terlebih dulu command prompt dan kemudian ketikkan ipconfig /flushdns dan tekan Enter.

windows-7-ipconfig-flushdns

Mengganti DNS komputer anda

Masih berhubungan dengan DNS, silahkan coba menggunakan Google Public DNS atau alternatifnya menggunakan OpenDNS sebagai DNS komputer anda. Kedua layanan DNS tersebut relatif lebih terjamin kemampuannya dibanding DNS asli penyedia akses internet anda. Juga memiliki bonus kecepatan akses yang relatif lebih cepat dan tidak ada blokir terhadap website apapun – tapi ini tergantung cara blokir yang dilakukan ISP anda.

opendns

Umumnya masalah ini disebabkan DNS, walau saya tidak bisa menjamin bahwa pelakunya memang itu. Tapi kalau masalah ini masih berlangsung maka anda perlu menghubungi customer support dari penyedia layanan internet anda, ada kemungkinan masalah pada pihak mereka.

Tulis komentar...