Mengatasi The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer.

Jadi beberapa hari lalu saya mendapatkan laporan mengenai pesan error yang muncul saat menjalankan Adobe Photoshop CS5 di Windows 7. Pesan kesalahan yang muncul intinya sama:
The program canโ€™t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer.
atau
The procedure entry point ucrtbase.terminate could not be located in the dynamic link library api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll.

Jadi file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll tidak ditemukan dalam komputer anda dan jelas gagal dijalankan selama belum terpenuhi. Ini solusinya sebenarnya sangatlah mudah.

Sumber: Mas Rusdianto
Sumber: Mas Rusdianto

File yang hilang tersebut asalnya dari Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015, silahkan anda download dan install yang sesuai dengan jenis Windows anda:

Apabila pada komputer anda sudah terinstall Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable 32/64 bit, saya anjurkan dihapus dulu baru install lagi. Catatan, kalau ini Windows 10 biasanya sudah otomatis terpasang dan terupdate versi terbaru lewat Windows Update.

Tapi dari laporan berikutnya ternyata hal ini belum memperbaiki masalahnya, setelah korespondensi lebih jauh ternyata masnya masih menggunakan Windows 7 Ultimate 32-bit dan solusi alternatifnya adalah dengan mengupdate ke Service Pack 1: https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=5842 dan silahkan download yang 7601.17514.101119-1850_Update_Sp_Wave1-GRMSP1.1_DVD.iso.

Semoga bermanfaat. ๐Ÿ™‚

198 pemikiran pada “Mengatasi The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer.”

  1. Solusinya mantap gan. Ane nemuin masalah ini pas install audacity. terus pake solusi yang ada di sini dan work. Makasih gan.

    Mungkin bisa dibikin tulisan baru yang lebih spesifik tentang audacity. Soalnya pasti orang lain ada yang ngalamin masalah sama kaya ane.
    Ane pake win 7 pro. kebetulan udah sp 1. jadi ga perlu upgrade.

    Balas
  2. Tapi anda pilih uninstall dulu saat menjalankan installer diatas, restart dan baru benar โ€“ benar menginstallnya.

    mas, ini maksudnya apa ya? yg di uninstal itu apa?

    Balas
    • Oh maaf mas kalau agak belibet. Maksudnya aplikasi Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable.

      Sudah saya revisi.

    • mas, saya pake windows 7 64bit, Microsoft Visual C++ 2015 tidak ada tapi tetap diminta uninstal mas.. itu gimana ya?

    • Bisa dijelaskan dulu mas:
      1. Ini aplikasi yang bermasalah apa ya?
      2. Yang meminta uninstall aplikasinya juga?

      Sudah coba install VC 2015nya? Apakah error? Kalau iya, coba bersihkan registry pakai CCleaner semacamnya. Atau cek registry pakai Revo Uninstaller dan baru kemudian dicoba install lagi.

Tinggalkan komentar