Mengatasi the module ?jscrpt.dll? was loaded but the call to Dllregisterserver failed with error code 0x80004005.

Pada tutorial cara mengatasi COM Surrogate has stopped working sebelumnya kadang bisa terjadi masalah saat mengeksekusi solusinya yang menggunakan metode command prompt. Pesan errornya adalah: Error: Regsvr32: the module ?jscrpt.dll? was loaded but the call to Dllregisterserver failed with error code 0x80004005.

Jangan bingung apalagi panik, masalah ini sebenarnya memiliki solusi yang mudah. Dari pesan kesalahannya command prompt sukses memuat file yang dibutuhkan tapi menjalankan perintah untuk mendaftarkannya gagal. Kenapa bisa gagal? Ini yang masalah sepele, ternyata membutuhkan hak akses administrator.

windows-7-cmd-run-as-administrator

Solusinya? Tinggal anda jalankan cmd dengan ijin administrator di Windows. Silahkan klik kanan pada icon/shortcut command prompt kemudian pilih Run as Administrator. Seperti di gambar kalau anda bingung. Akhirnya coba jalankan perintah regsvr32 yang sebelumnya tidak berhasil, seharusnya akan berjalan dengan normal setelahnya.

Oh ya, solusi alternatifnya bisa dengan mematikan UAC (User Account Control) Windows secara permanen. Kalau anda merasa terganggu setiap kali menjalankan proses yang butuh akses lebih tinggi muncul jendela konfirmasi maka menonaktifkannya akan menghilangkannya juga.

Selesai sudah cara mengatasinya. 🙂

Tulis komentar...