Cara mengatasi “The application was unable to start correctly (0xc0000142).” di Windows

Sering kali kita menemukan error di Windows dengan kode misterius yang sayangnya tidak menjelaskan apa – apa, salah satunya adalah pesan kesalahan dengan kode (0xc0000142) ini. Error ini membuat kita sulit menjalankan beberapa software karena pasti langsung ditutup setelah jendela pesan errornya muncul. Waduh.. bikin galau saja jadinya. Bagaimana cara mengatasi error (0xc0000142) ini?

Pesan kesalahan ini secara lengkap adalah:

The application was unable to start correctly (0xc0000142). Click OK to close the application.

Wah.. mau membuka aplikasi kok malah disuruh menutup, kapan bisa memakainya nih. Setelah saya mencari tahu apa penyebab error ini, ternyata ada beberapa kemungkinan pelakunya:

  • Program yang dijalankan tidak kompatibel dengan versi Windows terbaru, jadi ini biasa terjadi pada program lama dan ditujukan untuk edisi Windows sebelumnya.
  • Software ini tidak memiliki hak akses yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas – tugasnya.
  • Secara teknis error (0xc0000142) ini berarti STATUS_DLL_INIT_FAILED. Yang artinya adalah program tersebut tidak mampu memanggil atau menginisialisasi file dll yang dibutuhkan. Jika versi DLL yang sama tapi berbeda versi dan terjadi ketidakcocokan juga akan mengeluarkan pesan kesalahan ini. Bila file dll yang diperlukan bisa dimuat tapi tidak bisa diinisialisasi maka error ini juga muncul.

Sekarang anda sudah paham apa asal masalah yang terjadi di Windows ini, apa saja solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki error (0xc0000142)? Silahkan coba beberapa cara berikut ini, tidak ada jaminan satu cara pasti berhasil tapi bisa anda coba semua.

Jalankan aplikasi bermasalah dengan Compatibility Mode

Berhubungan dengan penyebab pertama error (0xc0000142) adalah penggunaan program jadul (jaman dulu) di Windows yang lebih modern. Solusinya ya jalankan saja program tersebut menggunakan fitur kompatibilitas Windows lama. Cara mengaktifkannya cukup klik kanan pada program dan pilih Properties.

windows-7-context-menu-properties

Pindahkan tab pada Compatibility, perhatikan pada Compatibility Mode kemudian beri centang pada “Run this program in compatibility mode for:” dan pilih jenis sistem operasi Windows yang akan diemulasikan untuk menjalankan program tersebut.

windows-7-application-properties-compatibility

Jalankan program menggunakan hak Administrator

Cara alternatif lainnya adalah dengan menjalankan aplikasi tersebut menggunakan hak Adminisstrator Windows. Kembali klik kanan pada icon aplikasi dan pilih “Run as administrator”.

windows-7-context-menu-run-as-administrator

Modifikasi setting Registry Windows

Kesalahan (0xc0000142) juga bisa disebabkan setting registry Windows yang salah untuk sistem penamaan file di NTFS. Jalankan Registry Editor terlebih dahulu. Navigasikan ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\FileSystem\NtfsDisable8dot3NameCreation dan ubah nilainya menjadi 2.

windows-7-regedit-NtfsDisable8dot3NameCreation

Install ulang software yang rusak

Anda juga bisa mencoba menginstall ulang software yang mengalami error (0xc0000142), karena memang error ini bisa disebabkan dependensi file dllnya ada kerusakan. Biasanya dengan menginstall yang baru akan memperbaiki masalah ini. Pastikan sebelumnya proses penghapusan program benar – benar bersih, anda bisa menggunakan Revo Uninstaller untuk membantu anda.

Install ulang Microsoft Visual C++ Redistributable

Cara ini bisa berhasil atau tidak tergantung programnya apakah memang membutuhkan Microsoft Visual C++ Runtime Library dan versi berapakah yang digunakan. Saya sarankan install saja semuanya.

Memang saya tidak bisa menjamin semua cara ini berhasil, tapi dalam beberapa memperbaikinya salah satu cara diatas bisa menjadi solusinya.

107 pemikiran pada “Cara mengatasi “The application was unable to start correctly (0xc0000142).” di Windows”

  1. Windows 10
    Garena +
    Pas mau dibuka Garena ya eror code 0xc0000142
    Udh di install ulang berkali kali GK bisa dibuka
    Laptop Lenovo Ideapad 320-14ikbn

    Balas
    • Solusi diatas sudah dicoba mas? Gagal juga?

      Yang diinstall ulang aplikasi Garenanya?

      Ini Windows 10 sudah update terbaru?

  2. Tanya mas, muncul eror nya pas mau shut down, dia muncul sekitar tiga kali trus baru laptopnya keshutdown. jadi nggak tau aplikasi yg mana yg nggak kompatible

    Balas
    • Wah… kalau ini berarti mas harus lihat proses apa yang aktif sebelum dimatikan. Coba pakai task manager dan dilihat satu – satu.

    • Laptop hp Windows 10 64 bit.
      Kode errornya 0xc000012d tiba2 warna pink layarnya dan setelah itu gak bisa diapa2in.. Itu gimana yaa bang ?

  3. mas….
    mohon bantuanya…
    saya sudah instal pes2016 dan saya coba jalankan bisa, kemudian saya instal patch update terbarunya…saya coba jalankan muncul pesan error “0xc0000142” ini mas….

    saya pakai laptop lenovo thinkpad
    windows 10

    trima kasih sebelumnya ya mas…

    Balas

Tinggalkan komentar