Mengatasi FPS game sering drop

Dengan jam terbang servis komputer agak tinggi kadang saya ketemu masalah yang cukup unik penyebabnya. Salah satunya soal FPS game yang sering drop atau turun jauh secara mendadak sekali padahal sebelumnya normal-normal saja, bahkan bisa sampai 0 angkanya.

Ini terjadi di game-game dengan grafis relatif ringan malah seperti Counter Strike: GO dan Dota2. Otomatis kenikmatan bermain berkurang karena tidak lancar tampilannya.

Kalau solusi umum yang berhubungan dengan VGA seperti update driver atau matikan game mode/performance mode pasti anda sudah tahu. RAM yang terlalu kecil. Atau bisa jadi ini problemnya pada CPU yang kepanasan.

hd sentinel ssd vgen badsector

Yang saya ceritakan kali ini malah penyebabnya adalah komponen hardware lain yang sudah ada tanda-tanda mau rusak permanen: Harddisk atau SSD. Mungkin tidak disangka ini efeknya bisa parah ke FPS game, tapi karena transfer data dari media penyimpanan tersendat jelas ngefek ke operasional permainan dan tampilannya di layar.

Anda bisa cek pakai aplikasi seperti CrystalDiskInfo, HD Sentinel, HDTune, atau laporan SMART di Windows. Tapi setidaknya ada beberapa indikator kalau memang ini masalahnya:

  1. Reallocated Sectors Count
  2. Current Pending Sector Count
  3. Uncorrectable Sector Count

Jika angkanya tinggi. Sederhananya di CrystalDiskInfo statusnya kuning (Caution) atau merah (Bad). Segera backup data-data penting anda dan ganti hdd atau ssd ke yang baru, karena tidak lama lagi tidak bisa digunakan dengan normal.

Jadi solusinya simple bila alasan drop fps itu benar karena media penyimpanannya bermasalah, mengatasinya ya beli baru.

2 pemikiran pada “Mengatasi FPS game sering drop”

  1. Ketika saya bermain game berat, kipas dalam cpu saya langsung naik hingga 80% apakah itu normal?

    Lalu problemnya sekarang saat hendak booting dalam monitor tidak menampilkan apa apa(keyboard mouse respon), namun kipas berputar sangat kencang mungkin sampai 100% apakah ada solusi?
    Terima kasih

    Balas
    • Tergantung main game apa dan spesifikasi komputernya mas.

      Sudah cek port VGA/HDMI? Mungkin kendor. Kalau rusak biasanya dari BIOS ada bunyi alarmnya.

Tinggalkan komentar