Berapa suhu normal SSD?

Last Updated on Maret 22, 2021

Seberapa panas komponen hardware mungkin tidak terlalu diperhatikan, apalagi jarang yang memantaunya. Toh sudah ada fan atau heatsink untuk mendinginkan temperaturnya. Tapi komponen targetnya biasanya CPU dan GPU. RAM, HDD dan maupun SSD umumnya polosan saja.

Khusus untuk SSD tidak salah memang diabaikan soal suhu kerjanya. Karena berbeda dengan harddisk mekanis, toleransinya bisa lebih tinggi. Akan tetapi jelas ada rentang suhu normalnya dalam keadaan idle dan juga mode kerja kan?

Hal ini baru saya catat setelah sebelumnya klaim garansi SSD VGEN pertama kalinya. Penggantinya ternyata bermasalah juga, yang healthnya stabil turun terus disertai suhu saat idle menurut saya diatas angka wajar, dan ini juga didukung hasil analisa HD Sentinel yang memberikan warna kuning untuk peringatan. Apalagi saat bekerja, bisa merah langsung.

Jadi berapa suhu normal SSD?

  • Idle: Amannya sekitar 40 derajat Celsius.
  • Operasional: Secara intensif bisa antara 40-50 derajat Celsius.

Ini nilainya berdasar dari default HD Sentinel, Facebook dan AnandTech.

Kalau konsisten diatas itu efeknya adalah usia dari SSDnya. Lebih singkat dari harapan hidup asli komponennya. Bisa dilihat dari screenshot diatas, dalam 3 bulan turun dari 100% ke 74%. Intinya ya ini menuju kerusakan SSD permanen.

Dalam kasus saya pribadi untuk SSD VGEN SATA3 240GB yang rusak:

  • Idle di 50 Celsius.
  • Terendah di 37 Celsius, ini saat pertama ambil di service center VGEN dan pasang di laptop.
  • Tertinggi di 65 Celsius.

Akhirnya saya tukar produk ke VGEN kedua kalinya yang syukurnya sampai hari ini normal. Solusi terbaik selama masa garansinya aktif. 3 tahun umumnya. Saat saya retur malah tinggal 70% kesehatannya.

Tinggalkan komentar